Peningkatan Kesehatan dan Nilai Karakter Moral Remaja Melalui Pendekatan Intentionally Structuring dalam Kegiatan Olahraga

Nuriska Subekti, Juhrodin Juhrodin, Agus Mulyadi, Dwi Yulia Nur Mulyadi, Endah Listyasari

Abstract


Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan karakter moral remaja di Desa Cijulang dan Desa Cineam, di tengah tantangan gaya hidup pasif dan rendahnya kesadaran akan pentingnya nilai moral dalam aktivitas fisik. Mitra, yakni remaja di kedua desa, menunjukkan rendahnya kesadaran terhadap pengembangan karakter melalui olahraga, serta kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungan dengan data 64% dalam kategori rendah 33% dalam kategori sedang dan 3% dalam kategori baik. Melalui pendekatan service learning dengan metode pelayanan langsung, program ini melibatkan kegiatan olahraga yang secara sengaja dirancang untuk menanamkan nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, kerjasama, sportivitas, dan kepemimpinan. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral, dengan rata-rata nilai posttest lebih tinggi (177,36) dibandingkan pretest (133,36). Remaja yang terlibat memperlihatkan peningkatan disiplin, tanggung jawab, dan kemampuan bekerja sama dalam berbagai aspek kehidupan. Keterlibatan orang tua, guru, dan masyarakat terbukti penting dalam mendukung perubahan positif ini. Program ini berhasil menciptakan dampak jangka panjang, membentuk remaja sebagai individu sehat yang berlandaskan karakter moral kuat dan siap menghadapi tantangan kehidupan

Keywords


Kesehatan; Nilai Karakter Moral; Intentionally Structuring

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….

Bean, C., & Forneris, T. (2016). Examining the importance of intentionally structuring the youth sport context to facilitate positive youth development. Journal of Applied Sport Psychology, 28(4), 410–425.

Juhrodin, J., Saputra, Y. M., Ma’mun, A., & Yudiana, Y. (2023). The integration of the universal values of sport into physical education: Positive Youth Development (PYD) framework. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(2), 260–273.

Kahn, N. F., & Graham, R. (2020). Promoting positive adolescent health behaviors and outcomes: Thriving in the 21st century.

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).

Lerner, R. M. (2018). Character development among youth: Linking lives in time and place. International Journal of Behavioral Development, 42(2), 267–277.

Lockwood, A. L. (2015). The case for character education: A developmental approach. Teachers College Press.

Nation, U. (2004). Sport for Development and Peace : Towards Achieving the Millennium Development Goals. Report from the United

Nations Inter-Agency Task Force on Sport for Development and Peace. The Lancet, 365(9464), 1029–1030. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(05)74222-7

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Ramdhani, N., & Patria, B. (2018). Psikologi untuk Indonesia maju dan beretika. UGM PRESS.

Saputra, Y. M., Mamun, A., & Yudiana, Y. (2023). Integrating Life Skills into Volleyball Training for Positive Youth Development (PYD). Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 318–325.

Syafrizal, S., & Sari, I. R. (2024). Peranan Pendidikan Karakter dalam Membangun Sikap Positif pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 79–100.

van Sluijs, E. M. F., Ekelund, U., Crochemore-Silva, I., Guthold, R., Ha, A., Lubans, D., Oyeyemi, A. L., Ding, D., & Katzmarzyk, P. T. (2021). Physical activity behaviours in adolescence: current evidence and opportunities for intervention. The Lancet, 398(10298), 429–442.

Walker, D. (2023). Physical Exercise as a Preventive Strategy for Non-Communicable Diseases among Secondary School Teachers in Bayelsa State. African Journal of Human Kinetics, Recreation and Health Studies, 1(1), 9–32.




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.20566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuriska Subekti, Juhrodin Juhrodin, Agus Mulyadi, Dwi Yulia Nur Mulyadi, Endah Listyasari

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.