Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran dan Penilaian Gerak Motorik Dasar Berbasis Performance Test

Dwinda Abi Permana, Dwi Kuria Shandy

Abstract


Masalah yang dihadapi mitra saat ini adalah kurangnya pengetahuan guru pendidikan jasmani mengenai penilaian gerak motorik berdasarkan sport science. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan kompetensi kepada guru pendidikan jasmani sekolah dasar tentang pembelajaran gerak motorik untuk anak sekolah dasar melalui aktifitas jasmani sebagai bentuk tindak lanjut hasil pengamatan dan observasi di lapangan terkait kurangnya pemahaman kelompok guru olahraga (KGO) tentang hal tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan 25 guru yang mengajar pendidikan jasmani di wilayah Kota Kediri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama satu hari dengan alokasi waktu 360 menit yang terbagi dalam dua sesi yaitu pagi dan sore. Sesi pagi dengan alokasi waktu 180 menit digunakan untuk teori dalam kelas dan sesi sore dengan alokasi waktu 180 menit digunakan untuk praktik lapangan. Pada tahap awal seluruh peserta pengabdian diberikan materi kelas dengan metode ceramah dan diskusi aktif, peserta diberikan pengetahuan umum dan khusus terkait konsep dasar gerak morotik, prosedur penilaian belajar gerak motorik dasar. Hasil dapat ditunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan pada semua aspek, meliputi pemahaman konsep tes gerak motorik berbasis performance test (43% ke 97%), penggunaan alat ukur (34% ke 88%), serta penerapan metode performance test (21% ke 91%). Selanjutnya Diharapkan pelatihan ini dapat menambah wawasan yang dapat meningkatkan sistem pembelajaran motorik anak yang selama ini masih kurang

Keywords


Pembelajaran gerak; Motorik; Guru pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

References


Alfani, M. A., & Sigit, C. N. (2023). Potret Penerapan Model Evaluasi Program dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Literature riview. BRAVO’S Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(57), 1-12. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i1.2839

Azzahra, V. A., Lestari, D. A., Aulia, S. A., Aldora, M., Hambali, B., & Indonesia, U. P. (2024). Jenis Jenis Aktivitas Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 24(2), 56-65. https://doi.org/doi.org/10.36728/jis.v24i2.3581

Cepi, M., Mulyana, A., Akbar, M., Permadi, A. A., & Fadila, N. (2024). The Role of Physical Education Teachers on Students Physical Fitness: A Case Study in Indonesia and Malaysia. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science (IJPESS), 4(1), 40-47. https://doi.org/10.52188/ijpess.v4i1.501

Dao, C. T. (2021). Using Movement Games in Physical Education Class to Improve Physical Fitness and Stabilize Vestibule for Children Aged 6 to 7 years. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(6), 1396-1402. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090636

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang Di Mts Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 103-110. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8463

Marta, I. A., Shahril, O. O., Hatchi, I., Wisma, N., Rosalina, V., S, W., Nopembri, S., Erhan, B., Bin, O., Kurnaz, M., & Izwan, M. (2024). Characteristics of Gross Motor Skills of Elementary School Students Aged 7 and 8 years: a Cross-sectional Study. Retos, 59, 537-546. https://doi.org/10.47197/retos.v59.107293

Mufid, H., Prasetiyo, R., Maarif, I., & Yunarta, A. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran PJOK dengan Model CIPP di SMAN Kesamben. Jurnal PHEDHERAL, 21(2), 119-132. https://doi.org/10.20961/phduns.v21i2.94240

Nasution, A. F. R., & Depita, H. A. L. (2023). The Influence of Motor Development in Primary School Age Children in the Learning Process. International Journal of Students Education, 1(2), 200-208. https://doi.org/10.62966/ijose.v1i2.408

Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 219-228. https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331

Pradnyani, T. I. A. R., Pramita, I., & Tianing, N. W. (2024). The effect of physical activity for the development of motor skill in children aged 3-12 years old: a narrative review. Kinesiology and Physiotherapy Comprehensive (KPC), 3(1), 23-28. https://doi.org/10.62004/kpc.v3i1.30

Prilanji, F. B., & Simanjuntak, V. G. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.26418/jpjk.v1i1.44505

Priono, J., Siregar, I., & Siregar, B. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Mts (Madrasah Tsanawiyah) Se-Kecamatan Sei Balai. Journal of Science and Social Research, 4(3), 321-328. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i2.930

Sobri, M. (2021). Students' Basic Movement Skills in Physical Education during the Online Learning. 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 314-317. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.097

WiraYuda, A., Fachrezi, F., & Rahmatullah, M. I. (2024). Implementation of Traditional Fort Games as a Means of Developing Motor Skills in Elementary School Children. Journal of Physical Education Innovation, 1(2), 36-40. https://doi.org/10.55081/jopei.v1i2.3443




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v6i3.25056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwinda Abi Permana