Sosialisasi Bahaya Penyakit Hipokinetik terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak pada Guru dan Orang Tua KOBER dan TAAM di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya

Melya Nur Herliana, Iman Rubiana, Budi Indrawan, Fegie Rizkia Mulyana

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this service is to inform about the dangers of hypokinetics for growth and development in children. Hypokinetics is a condition of being sedentary such as the use of remote controls, computers, elevators and escalators, without being balanced with physical activity which will cause disease due to lack of movement. This information was conveyed to TAAM and KOBER teachers and parents in Cibereum District, Tasikmalaya City, with the hope that this will become part of the main task for Kober and TAAM teachers who must be able to overcome the problem of hypokinetic disease, especially in children. Teachers and parents must be able to continue to motivate children to continue to be active in their daily lives. Kober and TAAM teachers are also required to provide good movement experiences for children so that children's growth and development are good too. With this activity, finally the teachers and parents know the solution that must be done to be able to overcome the presence of hypokinetic disease in children.

ABATRAK

Tujuan pengabdian ini untuk menginformasikan mengenai bahayanya hipokinetik terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Hipokinetik adalah kondisi kurang bergerak seperti penggunaan remote control, komputer, lift dan tangga berjalan, tanpa dimbangi dengan aktifitas fisik yang akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Informasi ini disampaikan kepada para guru dan orang tua TAAM dan KOBER di Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya, dengan harapan Ini menjadi bagian tugas utama untuk guru Kober dan TAAM yang mana harus mampu mengatasi masalah penyakit hipokinetik terutama pada anak. Guru dan orang tua harus mampu terus memotivasi anak untuk terus bergerak aktif dalam kehidupan sehari-harinya. Guru Kober dan TAAM dituntut pula untuk memberikan pengalaman gerak yang baik untuk anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak baik pula. Dengan adanya kegiatan ini akhirnya para guru dan orang tua mengetahui solusi yang harus di lakukan untuk bisa menanggulangi adanya penyakit hipokinetik kepada anak.


Keywords


Hipokinetik, Perkembangan, Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Atas, p. D. S. M., & baja, f. R. (n.d.). Pengembangan model aktivitas fisik ketika pandemi sebagai upaya menjaga kebugaran jasmani.

Dewi, L. A. P. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Dan Tumbuh Kembang Anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 83–91.

Ernawulan, S. (2003). Perkembangan Anak Usia Dini (usia 0-8 Tahun). Bahan Pelatihan Pembelajaran Terpadu Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi, 1–22.

Herliana, M. N., Indrawan, B., & Rubiana, I. (2019). Sosialisasi Bahaya Hipokinetik Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pada Guru PJOK SD dan SMP Se-Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. Abdimas Siliwangi, 2(2), 82–89.

Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 37–43.

Kusnanto, K. (2016). MODUL PEMBELAJARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN OKSIGEN. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Rilastiyo, D. (2019). The effect of nutritional status, level of physical activity and hemoglobins on physical endurance. JUARA: Jurnal Olahraga, 4(2), 186–195.

Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. Seminar Nasional Keolahragaan, 1.

Novela, T. (2019). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29.

Setiawan, H., Rahayu, N. I., & Juliantine, T. (2020). Integrasi program SPARK dalam pendidikan jasmani terhadap peningkatan health-related fitness siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 156–165.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v4i1.14730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.