PKM Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Aspek Sosial

Dian Kusumawati, Ade Bagus Primadoni, Masri Masri, Karimuddin Karimuddin, Novi Lidya Isdarianti, Zulfikar Zulfikar, Agus Wiyanto

Abstract


Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan calon pendidik yang nantinya akan mengemban tugas sangat berat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa manakala sudah terjun pada jenjang sekolah dasar untuk mengabdikan dirinya sebagai seorang guru. Begitu banyak permasalahan yang dihadapi oleh seorang siswa sehingga guru harus mampu meningkatkan berbagai aspek yang dibutuhkan termasuk salah satunya merupakan aspek sosial sebagai habitat tempat siswa berinteraksi. Peningkatan pemahaman mahasiswa yang akan menjadi seorang guru perlu diberikan dari semenjak duduk dibangku perkuliahan sehingga diharapkan akan menghasilkan seorang guru yang benar-benar mampu menjawab kebutuhan siswa. Siswa sekolah dasar merupakan pondasi sebagai titik awal dalam menginjakkan kakinya pada jenjang pendidikan formal sehingga bentuk interaksi dan komunikasi siswa akan terbangun melalui kondisi yang mereka hadapi. Pembelajaran yang bersifat menyenangkan pada konteks permainan akan sangat membantu siswa untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian antar sesama selain ilmu pengetahuan yang disampaikan seorang guru. Pembelajaran berbasis permainan olahraga dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aspek sosial siswa

Keywords


Siswa PGSD; Pembelajaran berbasis permainan; Aspek Sosial

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Persepsi Calon Guru tentang Model-Model Pembelajaran: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83-92.

Ardanita, B. A., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2017, May). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPLH). In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 969-974).

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51-62.

Sianturi, Y. R. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276-284.

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158-179.

Wiyanto, A. (2019, November). Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Era Kontemporer. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (pp. 104-110).




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v4i2.17832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Kusumawati

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.