RE – DESIGN BREAKWATER PELABUHAN KARTINI JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk re – design breakwater yang terdapat di pelabuhan kartini jepara semula berbentuk kubus menjadi bentuk tetrapod agar kolam pelabuhan menjadi stabil kembali. Pengumpulan data ini dilakukan secara sekunder dengan meminta data kepada instasi terkkait guna untuk melancarkan penelitian ini. Data sekunder yang digunakan meliputi data angin, arus, gelombang, pasang surut serta peta batimetri. Dari hasil perhitungan data tersebut didapat elevasi puncak breakwater sebesar 7 m, lebar puncak breakwater 3 m pada bagian kepala dan 2,54 m pada bagiam lengan. Untuk berat unit lapis lindung breakwater bagian kepala sebesar W= 2.03 ton pada tetrapod, W/10= 0.382 ton, W/200= 0.019 ton untuk batu pecah. Sedangkan untuk bagian lengan sebesar W= 3.059 ton pada tetrapod, W/10= 0.3059 ton, W/200= 0.0153 ton untuk batu pecah. Untuk jumlah lapis lindung tiap 10m2 sebanyak 12 butir pada bagian kepala dan 15 butir pada bagian lengan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annisa Rimadantia Samudra, M. I. (2018). “Evaluasi Kinerja Breakwater Terhadap Gelombang Di Kawasan Pelabuhan Manado”. Jurnal Sipil Statik Vol.6 No.4 April 2018 (211-224) Issn: 2337-6732, 211-244.
Febriansyah. (2012). “Perencanaan Pemecah Gelombang (Breakwater) Di Pelabuhan Merak”. Tugas Akhir, 146.
Malisan, J. (2016). “Potensi Pengembangan Pelabuhan Tarakan Untuk Konsolidasi Barang Bagi Wilayah Kalimantan Utara dan Sekitarnya”. J.Pen.Transla Vol. 18 No. 2, 52-62.
Triatmodjo, B. (2011). “Perencanaan Bangunan Pantai”. Yogyakarta: Beta Offset.
DOI: https://doi.org/10.26877/giratory.v1i2.9420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS
Program Studi Teknik Sipil
Fakultas Teknik dan Informatika
Universitas PGRI Semarang