ANALISA PENGARUH AKTIVITAS PASAR TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus Pasar Godong, Kab. Grobogan)

Miftakhul Huda, Ibnu Toto Husodo, Mohammad Debby Rizani

Abstract


Aktivitas pasar mempengaruhi kondisi lalu lintas di sekitarnya. Karakteristik lalu lintas pada ruas jalan dan lingkungan pada kasus penelitian ini adalah interaksi pengendara dari pelaku aktivitas Pasar Godong. Dengan letak pasar yang berada di pusat kota, Pasar Godong menjadi pusat kegiatan bagi pelaku aktivitas yang memunculkan sirkulasi kendaraan antara pengunjung pasar dengan pengguna jalan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui volume, LHR, kepadatan arus lalulintas dan kinerja ruas jalan Godong untuk 5 tahun yang akan datang dengan metode pengambilan data cara survei volume lalu lintas, LHR, dan kepadatan arus lalu lintas, metode analisis data menggunakan MKJI 1997. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut jam puncak terjadi pada hari senin 27 Desember 2021 dengan periode jam 16.30 – 16.45 didapatkan volume jam puncak sebesar 318,6 smp/15 menit dan dikonversikan menjadi 1274,4 smp/jam, LHR 1522 smp/jam. Dengan hasil kapasitas (C) sebesar 2755 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) = 0,46 yang masih dibawah nilai yang disyaratkan dalam MKJI 1997 yaitu 0,75 untuk jalan perkotaan, kecepatan tempuh (V) = 35,18 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 13,30 detik, Tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) dikategorikan tingkat C bedasarkan hasil analisa prediksi kinerja ruas jalan tersebut untuk 5 tahun yang akan datang didapat hasil (F) = 1540 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) 0,59 dengan laju pertumbuhan kendaraan bermotor yang mencapai 3,86% pertahun. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun 2021, maka perlu mempertahankan nilai arus lalu lintas dan selalu memantau volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.
Kata kunci: volume, lalu lintas harian rata-rata, kepadatan, kinerja lalu lintas


Keywords


volume; lalu lintas harian rata-rata; kepadatan; kinerja lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Abdul Hafid Hasim. 2008. Kinerja Ruas Jalan Sultan Alauddin Untuk 10 Tahun Mendatang Dengan Menggunakan Program Analisis Lalu Lintas Kaji & Power Simulation (Powersim). Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Achmad Zakaria Adi Saputra. 2021. Studi Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Probolinggo Jawa Timur. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas

Muhammadiyah Malang.

Andi Probo Nugroho dan Hanif Utomo. 2016. Analisis Kinerja Ruas Jalan Depan Pertokoan dan Pasar Raya Luwes Purwodadi (Studi Kasus Jl.R. Suprapto Purwodadi Kabupaten Grobogan). Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan. 2021. Kabupaten Grogogan Dalam Angka 2021. Grobogan: BPS Kabupaten Grogogan.

Bagas Noor Cahyono dan Dhiaz Pradikto Mardi Putra. 2018. Evaluasi Kinerja Jalan Brigjend Sudiarto Pasca Berlakunya Kebijakan Pemindahan Terminal Terboyo menuju Terminal Penggaron Kota Semarang (Sudi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Hotel Horison-Nindya sampai Simpang Lampu Merah Pedurungan).Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang (Tidak Dipublikasikan)

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2004. Panduan Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Google Maps. 2021. Pasar Godong, Jl. Jend. Sudirman, Godong, Kabupaten Grobogan

HCM. (2000). Highway Capacity Manual. In National Research Council, Washington, DC.

Ishak. 2016. Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baru Talang Banjar Kota Jambi). Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi.

Khisty, C. J., & Lall, B. K. (2003). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ke-3 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

MKJI. (1997). Mkji 1997. In departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (pp. 1–573).

Morlok Edward, K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Terjemahan) Erlangga, Jakarta.

Muhammad Romzi Alwan. 2021. Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sekitar Mall Matahari Kota Pontianak. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak

Tamin, O. Z. (1997). Public transport demand estimation by calibrating a trip distribution‐mode choice (TDMC) model from passenger counts: A case study in Bandung, Indonesia. Journal of Advanced Transportation, 31(1), 5–18.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan pemodelan transportasi. Penerbit ITB.

Umum, D. J. B. M. D. P. (1997). Mkji 1997. In departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (pp. 1–573).

Yunianta, A. (2006). Pengaruh Manuver Kendaraan Parkir Badan Jalan Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Di Jalan Diponegoro Yogyakarta. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.26877/giratory.v3i1.12850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS

Program Studi Teknik Sipil

Fakultas Teknik dan Informatika

Universitas PGRI Semarang