STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU SD DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN TULIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh strategi kepemimpinan kepala sekolah dan komptensi Guru Sd terhadap pelaksanaan pembebelajaran di masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Tulis Batang, (2). Untuk mengetahui kompetensi Guru SD dalam aspek pedogogik dan profesional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Mixe Methode, dengan langkah awal yaitu menganalisis data kuantitatif, kemudian melakukan dilanjutkan menganisis data secara kualitatif, selanjutnya dilakukan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru SD di Kecamatan Tulis Batang, memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (pengaruhnya sebesar 77,4%), (2) kompetensi guru berpengaruh terhadap pembelajaran daring sebesar 50,8%, (3) pengaruh variabel supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap pembelajaran daring sebesar 68,1% , dan (4) kompetensi guru SD dalam pedogagogik sudah baik, namun aspek profesional masih ada yang ditingkatkan, terutama pada mapel Matematika dan IPA.
DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v12i1.12025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com