STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU SD DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KECAMATAN TULIS
Rasiman Rasiman, Noor Miyono, Ngurah Ayu, Endang Wuryanti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh strategi kepemimpinan kepala sekolah dan komptensi Guru Sd terhadap pelaksanaan pembebelajaran di masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Tulis Batang, (2). Untuk mengetahui kompetensi Guru SD dalam aspek pedogogik dan profesional. Â Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Mixe Methode, Â dengan langkah awal yaitu menganalisis data kuantitatif, Â kemudian melakukan dilanjutkan menganisis data secara kualitatif, selanjutnya dilakukan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru SD di Kecamatan Tulis Batang, memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 (pengaruhnya sebesar 77,4%), (2) kompetensi guru berpengaruh terhadap pembelajaran daring sebesar 50,8%, (3) pengaruh variabel supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap pembelajaran daring sebesar 68,1% , Â dan (4) kompetensi guru SD dalam pedogagogik sudah baik, namun aspek profesional masih ada yang ditingkatkan, terutama pada mapel Matematika dan IPA.