ANALISIS SOAL EVALUASI BERBASIS HOTS TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN SAMBIREJO 2 SEMARANG

Rani Madalena, Husni Wakhyudin, Filia Prima Artharina, Endang Rumiarci

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan hasil analisis soal evaluasi tema ekosistem pada kelas V SDN Sambirejo 2 Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan oktober-desember 2022 dikelas V dengan jumlah 28 peserta didik. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pamong dan guru kelas V SDN Sambirejo 2 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti mendeskripsikan hasil yang terjadi dilapangan berbentuk kata-kata. Hasil dari penelitian yaitu peneliti menganalisis soal evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran terdiri dari siklus I terdapat 5 soal, siklus II ada 10 soal dan siklus III sebanyak 5 soal. Dari keseluruhan soal yang dianalisis sebanyak 15 atau (75%) soal yang berbasis HOTS dan 5 atau (25%) soal mengarah pada LOTS. Dapat disimpulkan bahwa soal yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran sudah termasuk kategori baik namun sebaiknya guru membuat kisi-kisi yang mengarah pada C4-C6. Harapannya dengan adanya soal HOTS, peserta didik mempunyai dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kritis serta berpikir kreatif dalam memecahlan suatu masalah.



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i2.15563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats