MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARPKn MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS V SD NEGERI 4 KARANGROWO KABUPATEN KUDUS SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Supomo Supomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangrowo 4 Kabupaten Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi menghargai keputusan bersama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini bersumber dari tes hasil belajar dan lembar observasi motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yaitu ketuntasan klasikal yang telah dicapai peserta didik sebesar 85%. Peningkatan rata-rata prestasi belajar PKn berdasarkan data awal rata-rata hasil belajar sebesar sebesar 62 pada siklus I sebesar 72 dan siklus II menjadi 79. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar klasikal, kondisi awal sebesar 30% siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 85%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats