PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE-OUTSIDE CIRCLE BERBANTU MEDIA KARTU PESERTA DIDIK KELAS V SDN 4 KARANGROWO KUDUS SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rumawati Rumawati

Abstract


Tujuan yang akan dicapai dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menguji penggunaan model pembelajaran Inside-Outside Circle berbantuan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah skala nasional kelas V SD Negeri 4 Karangrowo Kabupaten Kudus semester I tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini bersumber dari tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan Model pembelajaran kooperatif Inside-Outside Circle berbantuan media kartu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata hasil belajar IPS berdasarkan data awal sebesar sebesar 54 dan siklus I sebesar 71 menjadi 77 pada  siklus II. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar klasikal, siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 85%

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats