Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kecamatan Semarang Timur

Filia Prima Artharina, Putra Harfian Assani, Suyitno Suyitno

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah lahirnya kurikulum merdeka pada tahun 2020 yang mempunyai salah satu capaian yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diimplementasikan melalui program sekolah penggerak. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembentukan tim fasilitator P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 2) Bagaimana pengidentifikasian tingkat kesiapan satuan Pendidikan terhadap P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 3) Bagaimana perancangan dimensi, tema, dan alokasi waktu P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 4) Bagaimana penyusunan modul projek P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 5) Bagaimana Pengembangan Topik, Alur Aktivitas, dan Asesmen P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 6) Bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif presentase dengan metode pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan Teknik triangulasi sumber yaitu SDN Rejosari 01 dan SDN Rejosari 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar negeri kecamatan Semarang Timur menunjukan keterimplementasian sebanyak 88% dari total 5 tahapan yang ada. Dari hasil total nilai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sudah berjalan dengan baik sesuai tahapan pengimplementasian P5. Ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh sekolah-sekolah tersebut sudah berada di jalur yang benar sesuai buku panduan dari pemerintah.




DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v14i2.19842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

 

Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats

marontoto

Bos88

link slot gacor

Luxury777

https://theroaddiaries.com/

jumpapegas88

situs slot gacor

slot88

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

SLOT88

https://ppi.semenpadanghospital.co.id/app/

https://siskablu.gbk.id/api/data/

https://siakad.stikompoltekcirebon.ac.id/file/

https://bkd.jambikota.go.id/docs/

https://simpel.bpsdm.sultengprov.go.id/file/

https://simpellpk.pom.go.id/

https://unitaspalembang.ac.id/docs/

https://dpmptsp.jabarprov.go.id/app/

https://expo.unpar.ac.id/web/

slot gacor

sulebet

karatetoto

situs togel

toto slot

toto slot

istana911

Luxury777

Luxury138

slot pulsa

SV388

PGKING login

slot gacor

toto togel

aceh4d

slot thailand

tiger78

lion78

slot gacor situs303

citibet88

petir108

kongbet

jackpot108

slot88

samuraitoto

batmantoto alternatif

ceri123

RATUKIDUL88

Kembang128

kembang128

tuna128

jangkar128

turbo128

mesin228

orca128

Kembang128

Kembang128

turbo128

jangkar128

orca128

rawit128

kembang128

kembang128

mesin228

awan128

KOMET128

kembang128

Awan128

Awan128

awan128

awan128

awan128

toto

toto

orca128

kembang128

rawit128

Planet128