Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Peraturan Perundang-Undangan Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 1 Warukaranganyar Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

purmana purmana

Abstract


Pendidikan yang bermutu tidak hanya dilihat dari hasil belajar peserta didik, namun proses pembelajaran penting untuk menjadikan generasi yang kreatif dan kompetitif. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi Peraturan perundang-undangan bagi peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Warukaranganyar Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Make A Macth. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai November 2016 bertempat di SD Negeri 1 Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Sumber data berasal dari guru dan Peserta Didik  kelas V yang berjumlah 30 orang. Validasi data dilakukan melalui triangulasi data dengan analisis data dilakukan terhadap hasil data observasi, analisis data angket/soal, dan analisis hasil wawancara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017017 pada mata pelajaran PKn materi Peraturan perundang-undangan, hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Make A Macth pada pra siklus sebesar 61,66, meningkat pada siklus I menjadi 72,33, dan bisa di tingkatkan lagi pada siklus II menjadi 84,16. Adapun saran yang dapat diajukan antara lain : (1)Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran, media pembelajaran, alat peraga, serta strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, materi, serta sarana yang tersedia di sekolah serta kemampuan guru (2); Siswa dapat ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai, dan: (3) Sekolah dapat memfasilitasi sarana dan prasarana yang memaadai untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i1.2331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats