KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTU MEDIA VISETATERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ginanjar Wisnu Aji, Ryky Mandar Sary

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi daur air dan kurangnya pemahaman konsep materi daur air. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SDN di Magelang kelas V yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu “purposive sampling”. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model example non-example berbantu media VISETA diperoleh thitung = 4,570 > ttabel = 2,030. Maka Haditerima yang berarti hasil belajar siswa mencapai KKM 70 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,57%. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh thitung = 12,262 ≥ ttabel = 2,030. Maka terdapat keefektifan model Example Non-Example berbantu media VISETA pada salah satu siswa kelas V SDN di Kota Magelang sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran example non-example berbantu media VISETA (Video Semua Tentang Air).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i1.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats