APPLICATION OF STEM BASED LEARNING, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS LEARNING TO IMPROVE SCIENTIFIC ATTITUDES OF SCHOOL STUDENTS
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap ilmiah peserta didik, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik melalui pembelajaran STEM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SDN Kedunguter yang berjumlah 11 peserta didik laki-laki, 9 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitasa guru, lembar observasi aktivitas peserta didik lembar sikap ilmiah dan lembar skala sikap ilmiah. Hasil peningkatan yang terjadi dapat di lihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis STEM meningkatkan sikap ilmiah peserta didik pada tema 8 Sahabat Lingkunganku di kelas VA SDN Kedunguter.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.4008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com