PENERAPAN METODE EBI PADA PENGETAHUAN PROSEDURAL MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya pengetahuan prosedural siswa pada materi KPK dan FPB. Alternatif cara yang dapat digunakan untuk menngatasi lemahnya pengetahuan procedural siswa pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan metode EBI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural setelah menggunakan metode EBI pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV SD Negeri Kebonsawahan 02 Juwana tahun pelajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dengan guru dan lembar tes pengetahuan prosedural. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Kebonsawahan 02 Juwana menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan prosedural dalam pembelajaran materi KPK dan FPB dengan menggunakan metode EBI yang dilihat dari nilai rata-rata pretes yaitu 59,222 dengan nilai rata-rata posttes yaitu 74,972 dan hasil rata-rata nilai LKS pertemuan pertama 67,639 dengan nilai rata-rata LKS pertemuan kedua 71,139.
Kata Kunci: Pengetahuan prosedural, sekolah dasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.5255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com