PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TRENGGULI 3 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ayu Rosalina, Choirul Huda, Joko Susanto

Abstract


Nilai hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Trengguli 3 pada ulangan harian menjadi keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Hal ini menjadi latar belakang masalah dialami penelitian tindakan kelas ini. Di mana dari 26 peserta didik hanya 35% yang memenuhi KKM. Oleh karena itu perlu dicari solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 melalui model pembelajaran tipe think pair share pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Trengguli 3 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik Kelas V SD Negeri Trengguli 3 yang berjumlah 26 orang. Adapun objek yang diteliti adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada pra siklus, hasil siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 35% meningkat menjadi 80,58 dengan persentase 92% pada siklus III pertemuan 2. Kesimpulannya ialah, proses pembelajaran tema 8 dengan menggunakan model pembelajaran tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Trengguli 3 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: hasil belajar, think, pair, and share, tema 8.



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i1.8857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats