HAMBATAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR KAB. LOMBOK TENGAH SELAMA MASA PANDEMI
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran literasi di Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Tengah selama masa pandemi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga September 2021 di empat sekolag diantaranya SD N Tanak Embang, SD N Ngolang, SD N 2 Darek dan MI Nurul INW Pesantek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalamai hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran literasi di sekolah dasar di Lombok Tengah pada masa pandemi. Hambatan tersebut diantaranya fasilitas Pendidikan yang kurang memadai, media pembelajaran yang belum tercukupi, sumber belajar yang masih terbatas, waktu pembelajaran yang kurang, suasana pembelajaran yang kurang mendukung, motivasi belajar siswa yang rendah dan ketidakmampuan siswa menyediakan alat tulis. Hambatan tersebut dirasakan siswa selama pembelajaran literasi pada masa pandemi, salah satu penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang dipilih yaitu BDR (Belajar Dari Rumah).
DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i2.9581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com