Penigkatan Kemampuan Visual Spasial Anak Melalui Bermain Balok pada Kelompok B PAUD Al Azzam Semarang Tahun ajaran 2013/2014

Alya Nur Rahmasari, Agung Prasetyo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya siswa dalam membangun ruang atau bangunan yang sesuai dengan konsep yang diberikan oleh guru sehingga anak mengalami kurangnya kemampuan dalam membangun ruangan seperti yang dikendaki oleh guru, kurangnya ketelitian, keseimbangan, kestabilan, kerjasama serta kreatifitas dalam membangun bangunan. Dalam membangun ruangan maka akan membantu dalam aktivitas pembelajaran untuk mengajak anak bermain,  dan mengeksplorasi dalam sebuah bangunan serta pengetahuannya dalam meningkatkan kemampuan visual spasial anak.  Kurangnya pengalaman secara langsung bagi anak saat membangunakan menghambat imajinasi serta kreativitas anak tentang kemampuan membangun bangunan yang dibuat oleh anak. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana bermain balok dapat meningkatkan kemampuan visual spasial pada anak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan visual spasial anak, untuk meningkatkan kemampuan visual spasial anak melalui bermain balok pada kelompok B PAUD AL-AZAM Semarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan kemampuan visual spasial melalui bermain balok. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk peningkatan yang terjadi pada kemampuan visaual spasial melalui bermain balok pada kelompok B PAUD AL-AZAM Semarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menggunakan bermain balok, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari kemampuan visual spasial anak PAUD AL-AZAM Semarang tahun ajaran 2013/2014. Peningkatan rata-rata kemampuan visual spasial pada kelompok B PAUD AL-AZAM Semarang tahun ajaran 2013/2014 dari sebelum treatment adalah sebesar 30,77%, dan sesudah dilakukan treatmentsiklus 1, meningkat menjadi 53.85%, dan dilakukan lagi treatment siklus yang kedua, maka dihasilkan peningkatan kemampuan visual spasial menjadi 84.61%. oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “Bermain balok dapat meningkatkan kemampuan visual spasial anak kelompok B PAUD AL-AZAM Semarang tahun ajaran 2013/2014.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand