UPAYA MENINGATKAN KETANGKASAN GERAK LOKOMOTOR ANAK MELALUI PERMAINAN RANJAU PINTAR PADA KELOMPOK A TK AN NUR KALIWUNGU KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013

Devi Fertitan Rahayu, Ismatul Khsanah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya ketangkasan gerak lokomotor anak. Hal tersebut diindikasikan dengan banyaknya anak yang belum mampu mengatur keseimbangan tubuh, seperti anak sering jatuh ketika melompat, berpegangan untuk menopang keseimbangan tubuhnya, dan gerakan melompatnya masih ragu-ragu, serta anak juga kurang mampu mengkoordinasikan ketangkasan gerak lokomotor, hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang monoton, guru belum mengembangkan permainan motorik kasar, jadi ketangkasan gerak lokomotor anak masih sangat rendah dan tidak termotivasi secara maksimal.

Masalah dalam penelitian ini apakah ketangkasan gerak lokomotor anak TK An Nur Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkat melalui permainan ranjau pintar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketangkasan gerak lokomotor anak pada kelompok A TK An Nur Kaliwungu Kabupaten Kendal dapat meningkat melalui permainan ranjau pintar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan alat pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yang terdiri dari satu variabel bebas (independent variable) atau variabel (X) yaitu permainan ranjau pintar, dan satu variabel terikat (dependent variable) atau variabel (Y) yaitu ketangkasan gerak lokomotor. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK An Nur Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013, sebanyak 12 anak.

Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik permainan dan observasi dengan dua siklus diperoleh hasil peningkatan ketangkasan gerak lokomotor anak, yaitu mencapai 42% pada siklus pertama dan 83 % pada siklus kedua (indikator kinerja tercapai). Hasil hipotesis yang berbunyi ketangkasan gerak lokomotor anak meningkat melalui permainan ranjau pintar di kelompok A TK An Nur Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/2013 dan berdasarkan hasil akhir tersebut, maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketangkasan gerak lokomotor anak dapat ditingkatkan melalui permainan ranjau pintar. Oleh karena itu hendaknya guru menciptakan permainan yang lebih kreatif, karena anak akan memperoleh pengalaman secara langsung dengan obyek yang dipelajarinya.

 

Kata kunci : ketangkasan gerak lokomotor, permainan ranjau 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand