UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA KELOMPOK A DI TK SIMBAR WANGI KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI
Triana Punggi Rahayu, Anita Chandra D.S
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman tentang percaya diri. Menanamkan rasa percaya diri pada anak usia 4-5 tahun adalah sebuah proses bertahap. Proses ini tidak bisa langsung sekaligus, tetapi membutuhkan tahapan-tahapan kecil. Untuk menumbukan rasa percaya diri adalah anak tidak lagi berpura-pura yakin secara berlebihan. Percaya diri merupakan kreaivitas terpenting, yag artinya percaya diri dan yakin terhadap kekuatan dan kapabilitasnya dalam mencapai kreativitas. Dalam hal ini proses pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi dan media yang menarik minat belajar anak sehingga hasil belajar anak rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana media permainan lompat tali dapat meningktkan rasa percaya diri pada anak TK Simbar Wangi Kecamatan Kayen Kabupaten Pati?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Sasaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelomppok A TK Simbar Wangi sejumlah 12 anak. Penelitian dilakukan menggunakan 2 siklus yaitu: siklus I dan siklus II. Dengan prosedur pelaksanaan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan instrument penelitian lembar observasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif.Hasil belajar dianalisi dengan membandingkan nilai tes dengan siklus maupun indikator. Observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan anak secara langsung dalam proses meningkatkan percaya diri anak dengan permainan lompat tali dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan percaya diri pada anak kelopok A TK Simbar Wangi Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016 setelah menggunakan permainan lompat tali. Diperoleh data dengan criteria baik dari pra siklus sebesar 25% meningkat menjadi 41,67% pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan lompat tali dapat membantu meningkatkan percaya diri pada anak kelompok A TI Simbar Wangi Kabupaten Pati.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , saran yang perlu disampaikan melalui PTK ini adalah dalam meningkatkan percaya diri pada anak hendaknya guru dapatmengguanakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi yaitu menggunakan permainan tradisional lompat tali sehingga tujuan pembalajaran dapat tercapai dengan baik.