UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI DENGAN METODE DEMONSTRASI KELOMPOK A PAUD BINA CERIA SEMARANG

Istiqomah ., Agung Prasetyo

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitin ini adalah pentingnya mengoptimalkan pengenalan geometri anak sejak usia dini. ditemukan bahwa dalam kemampuan anak mengenal bentuk geometri masih di kategorikan sangat rendah ,hal ini terlihat masih banyak anak yang belum bisa menyebutkan bentuk –bentuk geometri.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengenalan geometri anak dengan Metode Demonstrasi ?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan geometri dengan  metode demonstrasi Kelompok A di PAUD Bina Ceria  Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik PAUD  Bina Ceria Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 pada usia 3-4. Penelitian dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Berdasarkan data kondisi awal Peningkatan tersebut diatas dapat dilihat melalui peningkatan skor pengenalan bentuk geometri dari kondisi awal,akhir siklus I dan Akhir siklus II. Kondisi awal sebelum tindakkan menunjukkan pengenalan geometri anak usia 3-4 tahun PAUD Bina Ceria Banyumanik Semarang pengamatan kondisi awal sebesar 20%  kemudian pada siklus I Meningkat  menjadi 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80% yang mengalami hasil indikator kinerja  indikator. Maka, dilakukan penelitian di PAUD Bina Ceria  Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam proses pengenalan geometri, guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Salah satunya dengan metode demonstrasi, sehingga tujuan untuk meningkatkan pengenalan geometri dapat tercapai. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand