UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI RA TAQWAL ILAH SEMARANG

Nastiti Ria Nugraheni, Ismatul Khasanah

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengembangan motorik kasar anak yang dilakukan belum menunjukan peningkatan yang cukup baik. Hal ini terlihat anak cenderung pasif tidak mau menirukan gerakan-gerakan yang diajarkan oleh guru, Walapun guru sudah melakukan berbagai upaya melalui senam, namun upaya tersebut belum mampu mengembangkan motorik kasar anak secara menyeluruh. Kurangnya peran aktif dari anak dalam mengikuti gerak guru. Anak kurang memahami gerakan yang sudah dicontohkan. Anak masih banyak yang berlari-lari sendiri, beberapa anak ada yang hanya diam saja dan kurang antusias, ada anak yang bermain sendiri dengan temannya, anak malu-malu tidak mau mengikuti apa yang diajarkan oleh gurunya, ada juga anak yang pasif hanya melihat gurunya ketika kegiatan. Meskipun guru sudah melakukan berbagai upaya melalui beberapa kegiatan namun upaya tersebut belum mampu mengembangkan motorik kasar anak secara menyeluruh karena masih terlihat keengganan siswa mengikuti kegiatan motorik kasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motorik kasar anak keompok B RA Taqwal Ilah Semarang melalui metode gerak dan lagu.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B di RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang jumlah peserta didiknya 16 anak. Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah melakukan kegiatan Gerak dan Lagu menunjukkan adanya peningkatan terhadap motorik kasar pada anak kelompok B RA Taqwal Ilah Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan tindakan yang terdiri dari  2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan diperoleh hasil yaitu 43,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan gerak dan lagu. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah supaya kegiatan gerak dan lagu dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PAUDIA



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand

slot gacor terpercaya

slot

situs judi bola

situs judi bola

papatogel

Judi Slot

dewajudiqq