PENGARUH MEDIA POP-UP TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI KELOMPOK TK A di ABA 49 SEMARANG

Siti Rochmiyati, Purwadi Purwadi, Dwi P.D.H.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok TK A di ABA 49 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok TK A. Sampel yang diambil adalah kelompok TK A1 berjumlah 20 anak dan TK A2 berjumlah 20 anak. Dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling berbentuk Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok A di ABA 49 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata akhir kelas eksperimen 10,5 sedangkan pada kelas kontrol  rata-rata akhir sebesar 8,95  dan hasil perhitungan uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (12,62252343 > 2,086 ). Terdapat pengaruh media pop-up terhadap kemampuan menyimak anak usia dini kelompok TK A di ABA 49 Semarang.

 

Kata Kunci : media pop-up, kemampuan menyimak anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand

slot gacor terpercaya

slot

situs judi bola

situs judi bola

papatogel

Judi Slot

dewajudiqq