PENINGKATAN KREATIVITAS SENI KOLASE MELALUI KEPING GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 34 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Dian Puji Puspitasari, M. Kristanto, Ismatul Khasanah
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kreativitas seni kolase pada anak kelompok B. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya dalam kegiatan yang berkaitan pengoptimalan kemampuan kreativitas seni kolase.
Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) Perkembangan kreativitas seni kolase kurang optimal, 2) Media pembelajaran yang kurang bervariasi, 3) Anak kurang dalam hal menggunakan bahan atau benda-benda yang disediakan oleh guru, 4) Anak sering meniru contoh guru dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas seni kolase melalui keping geometri pada kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Semarang Tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 bulan Mei sampai Juni. Sampel penelitian yang diambil adalah 8 siswa yang terdiri 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi dan observasi. Hasil analisis yang diperoleh dari awal penelitian ada 20% (3 anak) dengan kategori baik, kemudian peneliti memberikan siklus I kepada anak untuk meningkatkan kreativitas seni kolase. Siklus I mengalami peningkatan mencapai 33,33% (5 anak) dari 15 anak dengan kategori baik, karena belum berhasil maka diberikanlah siklus II. Siklus kedua ini memberikan kenaikan sebesar 86,67% (13 anak) dengan kategori baik dan dapat dikatakan penelitian ini berhasil 66% sehingga tidak perlu melanjutkan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya permainan keping geometri digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk meningkatkan kreativitas seni kolase pada anak.
ABSTRACT
Encouraging background of this study is the lack of a collage of artistic creativity in children group B. This is caused by a lack of activities related to the optimization capabilities collage of artistic creativity. The problem in this research are: 1) Development of artistic creativity collage suboptimal 2) Instructional media less varied, 3) Children less in terms of the use of materials or objects that are provided by the teacher, 4) Children often imitate the example of teachers in completing their work Objectives Want to achieve in this research to increase creativity of art collage through geometry at group B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Semarang academic year 2016/2017. This type of research is a classroom action research. The study population is all students of group B TK Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Lesson 2016/2017 Semarang. This study was conducted in the second half of May to June. The sample of this study were 8 students consisting of 7 boys and 8 girls. The data in this research is obtained through documentation and observation. The results of the analysis obtained from the beginning of the study there are 20% (3 children) with good category, the researchers gave cycle I to children to increase the creativity of collage art. Cycle I increased to 33.33% (5 children) from 15 children with good category, because it has not been successful then given cycle II. This second cycle gives an increase of 86.67% (13 children) with good category and it can be said that this research reaches 66% so no need to continue cycle III. Based on the results of this research suggestions that can be submitted is that pieces of game geometry is used as an alternative teacher to enhance the creativity of collage art in children.