Tipologi Nekrokultural pada Gambar Mahasiswa S 1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) IKIP PGRI Semarang Angkatan Tahun 2009/2010 Melalui Analisis Tekstual
Abstract
Gambar yang dihasilkan oleh Mahasiswa PAUD IKIP?é?á PGRI Semarang angkatan tahun 2009/2010 memiliki?é?á kesamaan-kesamaan?é?á atau gejala nekrokultural antara karya satu dengan karya lainnya, baik secara komposisi maupun objek yang divisualisasikan. Penyebabnya adalah ketidakmampuan mahasiswa?é?á berpikir dalam?é?á poros paradigmatik atau asosiatif. Atas dasar tersebut, penelitian ini membuktikan serta memetakan tipologis nekrokultural pada gambar. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi karakteristik ?é?ábentuk tipologis ?é?ánekrokultural pada karya?é?á gambar mahasiswa angkatan 2009/2010. Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis tekstual. Teknik pengambilan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan terhadap struktur elemen rupa dengan menggunakan analisis isi sebagai tahapan heuristik dan analisis tema sebagai tahapan hermeneutik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa?é?á 70 gambar yang dihasilkan?é?á mahasiswa?é?á Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) angkatan tahun 2009/2010 secara paradigmatik dan sintagmatik terdapat tiga kategori. Kategori A, gambar bersifat?é?á monoton dan kurang baik, berjumlah 69 %.?é?á ?é?áKategori B, gambar bersifat?é?á sedang,?é?á berjumlah 29 %. Kategori C, gambar bersifat baik, berjumlah 11 %.?é?á Berdasarkan kategorisasi tersebut, maka hanya 11 % saja yang sudah menunjukan tingkat kreativitas secara baik yaitu pada kategori C.?é?á Atas dasar itulah maka saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa sebagai calon Guru TK perlu lebih mengembangkan gambar secara lebih kreatif sebagai bekal pengalaman estetik khususnya dalam peningkatan aspek paradigmatik dan sintagmatik. Penelitian lebih lanjut perlu segera dilakukan untuk dapat mengetahui penyebabnya atau faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Kata kunci: sintagmatik, paradigmatik, gambar, penanda, dan petanda
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats