ANALISIS KEMANDIRIAN DALAM KEGIATAN SENI TARI USI 5-6 TAHUN DI TK SANTA THERESIA UNGARAN
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai di TK Santa Theresia Ungaran terdapat beberapa anak yang pada saat melakukan kegiatan tari, tampak berbagai reaksi anak yang berbeda-beda salahsatunya seperti kurangnya percaya diri pada anak.
Fokus dalam penelitian ini adalah kemandirian dalam kegiatan seni tari pada usia 5-6 tahun di TK Santa Theresia Ungaran dengan tujuan untuk menganalisa kemandirian dalam kegiatan seni tari usia 5–6 tahun di TK Santa TheresiaUngaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah sesuai dengan kondisi di lapangan tanpa adanya manipulasi dari peneliti. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisa tentang Kemandirian dalam kegiatan seni tari di TK Santa Theresia Ungaran. Penelitian ini membahas mengenai aspek kemandirian dalam kegiatan seni tari yang meliputi aspek emosi, intelektual dan sosial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian dapat diterapkan dalam kegiatan seni tari. Kemampuan kemandirian dapat dimunculkan dalam beberapa aspek yaitu aspek emosi, intelektual dan sosial dimana anak sudah mampu menunjukan rasa percaya dirinya, tidak tergantung kepada orang tua maupun kepada guru pada saat mengikuti kegiatan tari. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah kepada siswa dan guru bahwa kemandirian juga dapat di terapkan dalam kegiatan tari, yang diharapkan siswa mampu bersikap mandiri dalam segala aktifitasnya, khususnya dalam kegiatan seni tari.
Kata kunci : Kemandirian. Tari
ABSTRACT
The background that led to this research was that there were many children in Santa Theresia Ungaran kindergarten, there were several children who when doing dance activities, showed various reactions of different children, one of them was a lack of confidence in children.
The focus of this research is the independence in dance activities at the age of 5-6 years in Santa Theresia Ungaran kindergarten with the aim of analyzing the independence in art activities from the age of 5-6 years in Santa Theresia Ungaran kindergarten.
This study uses qualitative research. Qualitative research is a research method used to examine the condition of natural objects in accordance with the conditions in the field without manipulation by the researcher. Data collection methods in this study are by observation, interview, and documentation. This study analyzes the independence of dance activities at Santa Theresia Ungaran Kindergarten. This study discusses the aspects of independence in dance activities that cover emotional, intellectual and social aspects.
Research results show that independence can be applied to dance activities. Independence skills can be raised in several aspects, namely emotional, intellectual and social aspects where the child is able to show his self-confidence, not dependent on parents or teachers when attending dance activities. Based on the results of this study the suggestions submitted are to students and teachers that independence can also be applied in dance activities, which students are expected to be able to be independent in all their activities, especially in dance activities.
Keywords: Independence. Dance
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats