Aplikasi Multiple Intelligences System (MIS) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Studi Kasus di Rumah Sekolah Cendekia Makassar

Sitti Nurhidayah Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan Multiple Intelligences System (MIS) dalam pembelajaran anak usia dini berdasarkan: (i) aspek input, (ii) aspek proses, dan (iii) aspek output di Taman Kanak-Kanak Rumah Sekolah Cendekia Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman. Pengabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability dan  uji confirmability. Hasil penelitian: (i) aplikasi MIS aspek input menggunakan alat riset MIR (Multiple Intelligences Research); kualifikasi pelaksana MIR  adalah interviewer, analis dan reporter yang telah dilatih; MIR dilakukan secara individual, konten riset MIR adalah kebiasaan anak; isi laporan MIR adalah potensi kecerdasan, gaya belajar, kegiatan dan permainan yang disarankan; (ii) aplikasi MIS pada aspek proses menunjukkan lesson plan belum berdasarkan hasil MIR anak, guru belum mencantumkan alpha zone, scene setting dan teacher comment; Management Quality Control (MQC) telah dilakukan melalui kegiatan konsultasi lesson plan, (iii) aplikasi MIS  pada aspek output menunjukkan bahwa  guru menerapkan konsep penilaian autentik dengan ability test, discovering ability dan konsep ipsatif.


Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Ambarwati, Ari. 2009. Membuat Anak Rajin Belajar Ternyata Mudah. Jakarta: Tangga Pustaka.

Armstrong, Thomas. 2000. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Penerjemah Yudhi Murtanto. 2002. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Campbell, Linda., Campbell, Bruce & Dickinson, Dee. ”tanpa tahun”. Multiple Intelligences Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Teaching and Learning through Multiple Intelligences. Penyunting Suryadi Nomi dan Amir Kumadin. 2002. Depok: Inisiasi.

Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia, Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia, Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

DePorter, Bobbi., Reardon & Nourie. 1999. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Penerjemah Ary Nilandari. 2000. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Quantum Learning: Unleashing the Genius in You. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. 1999. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diane, Trister Dogde., Laura J. Colker & Cate Heroman. 2008. The Creative Curriculum for Preschool. Washington DC: Teaching Strategies. Six Edition.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (Model Bogdan & Biklen, Model Miles & Hubermann, Model Strauss & Corbin, Model Spradley, Analisis Isi Model Philipp Mayring, Program Komputer NVivo). Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.

Gardner, Howard. ”tanpa tahun”. Kecerdasan Majemuk, Multiple Intelligences, Teori dalam Praktek. Alih Bahasa Alexander Sindoro. 2003. Batam: Interaksara.

______________. 2006. Changing Minds: The Art and Science of Changing Our Own and Other People’s. Boston: Harvard Business School Press.

Hoerr, Thomas R. 2000. Buku Kerja Multiple Intelligences: Pengalaman New City School di St. Louis, Missouri, AS, dalam Menghargai Aneka Kecerdasan Anak, Becoming A Multiple Intelligences School. Penerjemah Ary Nilandari. 2007. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Megawangi, Ratna. 2007. Character Parenting Space; Seri Parent’s Guide; Menjadi Orangtua Cerdas untuk Membangun Karakter Anak. Bandung: Read! Publishing House (Kelompok Mizan).

Muijs, Daniel & Reynolds, David. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand