MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN LOGICO

Munifah Bahfen

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan keterampilan Sosial mahasiswa semester 3  PG PAUD FIP UMJ FIP UMJ, dengan menggunakan permainan logico. Metode dalam penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Hasil yang dicapai dari rata-rata pda  pra siklus adalah 40 % , meningkat pada silus 1 menjadi 60 % dan semakin meningkat pada siklus kedua yaitu 80 %. Permainan logico membuat mahasiswa menjadi aktif   dalam menyampaikan pendapat  sekaligus mengembangkan kemampuan berkomunikasi untuk menjalin kerjasama dalam kelompok, memiliki sikap sabar dan  toleransi ketika terjadi perbedaan pendapat dalam menyelesaikan suatu persoalan.



Keywords


berkomunikasi, kerjasama, bermain logico

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Hartati, Sofia,2007. How To Be A Good Teacher and To Be A Good Mother, seri Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Enno Media

Janice J Beaty . Observasi Perkembangan Anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group,

http://dunia-anak-cerdas.blogspot.com/2009/02/logico-pemainan-kecerdasan-anak.htmlMeningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Logico https://adhychezz.wordpress.com/pemikiran/apa-itu-berpikir-logis-kritis-dan-kreatif/

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pers. 2013

May Pamela. Child Development in practice. London: Routledge, 2011

Moeslihatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta:PT Rhineka Cipta

Montolalu, B.E.F,at all.2013, Bermain dan Permainan Anak, Jakarta Universitas Terbuka Morrison

S.George, Early Childhood Education Today. Toronto: Merrill Publishing Company. 1988

Nurani Sujiono, Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2012.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan edisi kedua. Jakarta: Kencana. 2007.

Sumadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2013

Tarigan, Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa 2008. Jbeaty

J anice. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada 2013

Yusuf Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats