Implementasi Efikasi Diri Melalui Pijakan Guru Pada Sentra Balok Untuk Anak Usia 56 Tahun di TKIT Zaid Bin Tsabit Magelang

Sri Mujiati

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini ialah bahwa anak usia 5-6 tahun masih kurang terbangun dan muncul efikasi diri pada diri mereka pada saat bermain di sentra balok. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan implementasi efikasi diri melalui pijakan guru pada sentra balok untuk anak usia 5-6 tahun di TKIT Zaid Bin Tsabit Magelang. Dengan penelitian ini, guru diharapkan dapat membiasakan melakukan pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan sesudah main dengan tepat, sehingga efikasi diri pada diri anak dapat terbangun, muncul dan meningkat sesuai yang diharapkan. Metode yang digunakan ialah kualitatif. Subjek penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Sentra dan anak-anak kelompok B.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri pada anak usia 5-6 tahun terbangun dengan pijakan sebelum main, yaitu anak memahami perintah dan melaksanakan aturan, anak percaya diri mengungkapkan pendapat dan anak mampu berkomunikasi secara lisan melalui simbol 2) efikasi pada diri anak usia 5-6 tahun muncul dengan pijakan saat main yaitu, anak menunjukkan aktifiktas yang eksplo­ratif, anak menunjukkan sikap toleran dan kooperatif, anak mampu menyelesaikan masalah dan anak mampu bermain dengan teman sebaya.  dan, 3) efikasi diri pada diri anak usia 5-6 tahun dapat terbangun dan muncul dengan pijakan setelah main yaitu, anak menyelesaikan tugas yang diberikan, anak bermain tepat waktu dan anak bangga dengan hasil karya nya.

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Afriyanti, Thamrin. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematik Melalui Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pontianak.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang.

Andang, Hambali, 2013, Psikologi Kepribadian. Bandung.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2006, Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BBCT) Pendekatan Sentra dan Lingkungan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Moleong, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Syukri, 2014, Penerapan Pembelajaran Model Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Muhajidin 1, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Pontianak.

Mutiah, Diana, 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 7 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani, 2009, Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand