Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai Sarana Sosialisasi bagi Anak

Oktarina Dwi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang peranan ruang publik terpadu ramah anak sebagai sarana sosialisasi pada anak usia dini. Melalui penelitian yang dilaksanakan dibahas mengenai program kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan fungsi serta urgensi kegiatan sosialisasi bagi anak. Pada masa tumbuh dan kembangnya anak membutuhkan stimulasi yang tepat, sumber belajar anak dibentuk dari lingkungannya yang memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam proses belajarnya. Kehadiran ruang publik terpadu ramah anak merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan sosialisasi bagi warga masyarakat terutama bagi anak karena fasilitas dan program yang dihadirkan memberikan dukungan bagi anak dalam masa tumbuh dan kembangnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan setiap hasil temuannya dilapangan dicatat seta dideskripsikan sesuai dengan temuan temuan penelitian.


Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Almoly, Elmira , Dadvand Payam, Joan Forns, Mónica López-Vicente, Xavier Basagaña, Jordi Julvez, Mar Alvarez-Pedrerol, Mark J. Nieuwenhuijsen, and J. S. (2014). Research | Children ’ s Health Green and Blue Spaces and Behavioral Development in Barcelona Schoolchildren : The BREATHE Project. Children’s Health, 122(12), 1351–1358.

Diana, M., & Denas, S. Y. (2011). Perbedaan Tumbuh Kembang Anak Pada Posyandu Yang Terintegrasi Paud Dengan Posyandu Yang tidak Terintegrasi Paud. Andalas Journal of Public Health, 6, 10–15.

dudek, mark. (2005). Children’s Spaces. Elsivier (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hota, M., & Bartsch, F. (2019). Consumer socialization in childhood and adolescence: Impact of psychological development and family structure. Journal of Business Research, 105(July), 11–20. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.035

Hyson, M. C., Hirsh-Pasek, K., & Rescorla, L. (1990). The classroom practices inventory: An observation instrument based on NAEYC’s guidelines for developmentally appropriate practices for 4- and 5-year-old children. Early Childhood Research Quarterly, 5(4), 475–494. https://doi.org/10.1016/0885-2006(90)90015-S

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Murphy, J. M., Guzmán, J., McCarthy, A. E., Squicciarini, A. M., George, M., Canenguez, K. M., … Jellinek, M. S. (2015). Mental Health Predicts Better Academic Outcomes: A Longitudinal Study of Elementary School Students in Chile. Child Psychiatry and Human Development, 46(2), 245–256. https://doi.org/10.1007/s10578-014-0464-4

Muthivhi, A. E. (2015). Piaget’s Theory of Human Development and Education. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 17). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92013-0

Rolina, N. (2006). KELUARGA: SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2), 207–216.

Setyowati, S. (2012). Peran ruang terbuka sebagai ruang sosialisasi anak dalam membentuk karakter bangsa. Seminar Nasional Psikologi Islami.

Thorburn, M. (2018). John Dewey, subject purposes and schools of tomorrow: A centennial reappraisal of the educational contribution of physical education. Learning, Culture and Social Interaction, 19(April), 22–28. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.04.001

Walborn, F., & Walborn, F. (2014). Chapter 9 – Albert Bandura. Religion in Personality Theory, 215–222. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-407864-2.00009-6




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand