UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FLASH PROFESSIONAL PADA ANAK KELOMPOK PLAYGROUP PAUD PELITA HATI KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Aulia Luthfiatulbana, Mila Karmila

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan menyimak bagi anak, baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat. Kurangnya kemampuan menyimak akan menghambat perkembangan anak dalam berkomunikasi. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui media flash professional? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan kegiatan menyimak, peningkatan rata-rata kemampuan menyimak pada kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016 dari sebelum pelaksanaan siklus adalah sebesar 11%, dan sesudah dilakukan percobaan atau pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 39%, dan dilakukan lagi percobaan siklus yang kedua maka dihasilkan peningkatan kemampuan menyimak menjadi 78%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ?óÔé¼?ômenggunakan media flash professional dapat meningkatkan kemampuan pada anak kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016?óÔé¼?Ø.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v4i2%20Oktober.816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand