Pengembangan Lembar Kerja Anak Sebagai Bahan Ajar Untuk Perkembangan Aspek Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TKK Satap Rutosoro

Maria Fransiska Mongkek, Elisaveth Tantiana Ngura, Josep Marsianus Rewo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan lembar kerja anak untuk perkembangan aspek moral anak usia 5-6 tahun di TKK Satap Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada, (2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan lembar kerja anak untuk aspek moral anak usia 5-6 Tahun di TKK Satap Rutosoro. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini 5-6 Tahun yang ada di TKK Satap Rutosoro Sedangkan objek yang diteliti adalah aspek moral. Pengembangan lembar kerja anak sebagai bahan ajar untuk perkembangan aspek moral ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Model ini terdiri atas 4 (Empat) tahap, yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Hasil penelitian pengembangan lembar kerja anak berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji coba ahli media ada pada kategori sangat baik, (2) Uji coba ahli desain pembelajaran ada pada kategori sangat valid, (3) Uji coba ahli materi ada pada kategori sangat valid, (4) Uji coba anak sebagai pengguna produk ada pada kategori sangat valid. Dengan demikian, pengembangan lembar kerja anak sebagai bahan ajar untuk perkembangan aspek moral layak digunakan pada anak usia 5-6 tahun di TKK Satap Rutosoro

Full Text:

PDF (Bahasa)

References


Peraturan Menteri Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri, Aennur Fallah. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Bagi Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah I Moyudan. Proposal Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Tehnik Boga Fakultas Tehnik Universitas Negeri Yogyakarta.

Santrock, Jhon (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas.Jakarta : PT. Erlangga.

Thiagarajan, Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Tias, Suryaning Sitta. (2014). Perancangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bergambar Untuk Menumbuhkan Sikap Dan Karakter Anak Usia Dini Di TK PGRI Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2014, 24-28.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliana, (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Bahan Ajar Dalam Perkembangan Moral Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Islamiyah Desa Tanjung Raja. Skripsi, (Tidak Diterbitkan). Lampung; Program Pasca sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand