Analisis Pembiasaan Berbahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Abstract
Abstract
Regional languages are cultural heritage that must be preserved. In the midst of such rapid developments, the habit of using Javanese language is an alternative to maintain the sustainability of regional culture. It's not surprising that many parents get used to the Javanese language to communicate with their children, both Javanese as the main language, or it is deliberately used for children, because getting children to use Javanese, especially the ability to use Javanese manners is easier if you get used to it from an early age. This study aims to analyze Javanese language habituation towards early childhood language development through literature study. The sources of this research are journals and books related to the theme. From this research, it can be concluded that Javanese language habituation is included in the scope of bilingualism which according to previous research will slow children's language development. one of the languages that the child learns will be weak because the child is dominant in the language he encounters more often.
Keywords: Javanese language, early childhood, language development.
Abstrak
Bahasa daerah merupakan warisan budaya yang harus dijaga eksistensinya. Di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat, pembiasaan berbahasa jawa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keberlangsungannya budaya daerah. Tidak heran banyak orang tua yang membiasakan bahasa jawa untuk berkomunikasi dengan anak, baik bahasa jawa sebagai bahasa utama, maupun memang sengaja dibiasakan untuk anak, karena membiasakan anak menggunakan bahasa jawa terutama kemampuan menggunakan bahasa jawa krama lebih mudah apabila dibiasakan sejak dini. Penelitian ini bertujuan menganalisis pembiasaan berbahasa jawa terhadap perkembangan bahasa anak usia dini melalui studi literatur. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research, yaitu penelitian yang bersumber dari jurnal dan buku yang terkait dengan tema. Literatur yang ditemukan kemudian digunakan untuk mengisi celah pada penelitian sebelumnya. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwasannya pembiasaan berbahasa jawa termasuk dalam lingkup bilingual yang menurut penelitian terdahulu akan memperlambat perkembangan bahasa anak. salah satu bahasa yang dipelajari anak akan lemah karena anak dominan terhadap bahasa yang lebih sering ia temui.
Kata kunci: Bahasa Jawa, anak usia dini, perkembangan bahasa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa)References
Amrullah, A. (2015). Sekolah Islam Terpadu: Sebuah Tinjauan Kritis. Tadrib, 1(1), 1–15. Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Tadrib/Article/View/1033
Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. In Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1). Https://Doi.Org/10.24853/Yby.3.1.67-80
Daman Huri. (2014). Penguasaan Kosakata Kedwibahasaan Antara Bahasa Sunda Dan Bahasa Indonesia Pada Anak-Anak. Judika Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1). Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Judika/Article/View/122
Dewi, U. T., & Fitria, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 31. Https://Doi.Org/10.31000/Ceria.V8i1.1173
Djou, D. N., & Ntelu, A. (2020). Bahasa Gorontalo Dan Bahasa Suwawa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1359–1367. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.895
Fitriani, Y., Asfiyak, K., & Lismanda, Y. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Bahasa Jawa Anak Melalui Bermain Drama Musikal Pada Anak Kelompok A5 Di Bustanul Athfal Restu 1 Malang. Jurnal Dewantara, 1(2), 119–126. Http://Www.Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Jd/Article/View/3245
Hidayati, N. N. (2020). Bilingualisme Dan Multilingualisme: Pro Dan Kontra Pada Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak | Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman. Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 10(1). Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Pantura/Index.Php/Alhikmah/Article/View/3492
Islami, T. A. (2017). Kekerabatan Kosakata Bahasa Jawa Dengan Bahasa Madura | Islami | Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Stilistika Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Sastra, 10(1). Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Stilistika/Article/View/1340
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Aisyah Isna. In Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stainupwr.Ac.Id/
Kurnia, R. (2013). Konsepsi Bermain Dalam Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial (Vol. 1, Issue 1). Https://Doi.Org/10.33578/Jpsbe.V1i1.1627
Made, N., Megawati1, P., Suarni2, N. K., Guru, P., Pendidikan, J., & Konseling, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 1, Issue 1). Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V1i1.1040
Ningsih, A. R., & Arianti, R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Lagu Anak-Anak Pada Siswa Paud Raudhatul Hasanah Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Riau. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 23–28. Https://E-Jurnal.Rokania.Ac.Id/Index.Php/Jmnr/Article/View/4
Nurhidayah, I., Gilang Ramadhan, J., Amira, I., Lukman, M., & Keperawatan Anak Fakultas, D. (2021). Peran Orangtua Dalam Pencegahan Terhadap Kejadian Adiksi Gadget Pada Anak: Literatur Review. In Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa (Vol. 4, Issue 1). Https://Doi.Org/10.32584/Jikj.V4i1.787
Nyoman, N., Trisnawati, L., Suarni, N. K., Gede Agung, A. A., Guru, J. P., Anak, P., Dini, U., Konseling, J. B., & Pendidikan, J. T. (2014). Penerapan Metode Picture And Picture Dengan Media Cerita Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 2, Issue 1). Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V2i1.3149
Putu Eka Sari, L., Ketut Ardana, I., Ngr Semara Putra, Dbk., Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, J., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A1. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 4, Issue 1). Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V4i1.7361
Salsabila, M., & Rohinah, R. (2018). Implementasi Bahasa Jawa Krama Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 193–208. Http://Journal.Iaialhikmahtuban.Ac.Id/Index.Php/Ijecie/Article/View/36
Sayfri, Fatrica. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Active Learning (Studi Komparatif Aktif Learning, Sistem Area Dan Pendekatan Bcct). Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 10(1). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V10i1.1530
Taufiqurrahman, & Suyadi. (2020). Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. In Pionir: Jurnal Pendidikan (Vol. 8, Issue 2). Https://Doi.Org/10.22373/Pjp.V8i2.6234
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangan Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V3i3.7600
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats