PENANAMAN KARAKTER MELALUI LAGU-LAGU NASIONAL DI PAUD PELITA HARAPAN BANGSA KOTA TEGAL
Abstract
Penanaman Karakter melalui lagu Nasional di PAUD Pelita Harapan Bangsa memiliki tujuan untuk memperkenalkan lagu-lagu nasional, karena lagu-lagu tersebut sarat dengan nilai-nilai positif dan pesan moral di dalamnya. Nilai moral yang disisipkan dalam lirik lagu nasional mengandung semangat nasionalisme yang dapat menjadi modal dasar pembentukan karakter.
Penanaman nilai moral yang terdapat pada lirik-lirik lagu nasional memberi arti tentang semangat nasionalisme yang dapat menjadi modal paling dasar dalam pembentukan karakter. 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang menjadi pedoman Pelita Harapan Bangsa yaitu: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial dan Tanggung jawab. Melalui lagu Nasional, peserta didik juga diajarkan mengenai berbagai perbedaan suku dan budaya misalnya pada lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat berbagai keanekaragaman dan persatuan bangsa, lagu Ibu Kita Kartini yang menjelaskan tokoh pahlawan wanita, Hari Merdeka yang menjelaskan hari kemerdekaan Indonesia, Garuda Pancasila yang menjelaskan lambang negara dan lain sebagainya.
Full Text:
PDF (Bahasa)References
E. Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung;Remaja Rosdakarya
Kansil, C.S.T., dan Kansil, Christine S.T. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta
Lexy J Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Martha Cristianti. (2008). model pembelajaran inovatif. bahan diklat profesi sertifikasi Pendidik rayon 11 DIY dan Jateng : depdiknas UNY
Moleong, J. Lexy, 2005. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mukhtar Latif dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi.Jakarta: Kencana
Smith, Anthony D. 2012. Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sumarmi. 2006. Citra Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Sekawan.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta.: universitas Sebelas Maret
Suyono dan Haryanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats