Pembentukan Disiplin Santri dengan Pembiasaan dalam Teori Behavioristik di TK Ummatan Wahidah Curup

Beni Azwar

Abstract


Abstract

This study aims to determine the formation of student discipline with habituation in Behavioristic theory at Ummatan Wahidah Curup Kindergarten. This is based on the fact that this school is an Islamic kindergarten with 2 curriculum contents (National Education and Ministry of Religion) which requires more time and energy in disciplining students so that the curriculum targets can be achieved, while the age is only 4-6 years old.The research method used is mix-method by combining quantitative and qualitative methods, the data will be revealed quantitatively and explored qualitatively, then will be presented descriptively. Data analysis techniques by collecting and reviewing the results of questionnaires, interviews and documentation, then after triangulation techniques and data reduction, the data is presented descriptively.The results of research from 16 Ummatan Wahidah Kindergarten teachers 84% understand the importance of discipline habituation in learning Ummatan Wahidah Curup Kindergarten students. The application of rewards in forming habituation is more dominant by giving stars as prizes and verbal praise, while punishment is replaced by strict educational actions, the highest discipline in learning is seen in prayer and recitation, the formation of discipline is more effective with Islamic values and the role of parents and ustad / ustadzah in providing examples and can be emulated.

Keywords: Dicipline Formation; Habituation dan Behavioristic Theory

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan disiplin santri dengan pembiasaan dalam teori Behavioristik di TK Ummatan Wahidah Curup. Hal ini didasari bahwa sekolah ini merupakan TK Islam dengan 2 muatan kurikulum (Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama) yang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih dalam mendisiplinkan siswa agar target kurikulum dapat tercapai, sementara usianya baru 4 – 6 tahun.Metode penelitian yang digunakan mix-method dengan menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif, data akan diungkapkan secara kuantitatif dan didalami secara kualitatif, kemudian akan dipaparkan secara deskriptif. Teknik Analisa data  dengan mengumpulkan  dan menelaah hasil angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian setelah  triangulasi Teknik dan reduksi data, maka data disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian dari 16 orang guru TK Ummatan Wahidah 84 % memahami pentingnya pembiasaan disiplin dalam belajar santri TK Ummatan Wahidah Curup. Penerapan reward dalam membentuk pembiasaan lebih dominan dengan pemberian bintang sebagai hadiah dan pujian verbal, sedangkan punishment diganti dengan tindakan tegas mendidik, disiplin tertinggi dalam belajar terlihat pada berdoa dan mengaji, pembentukan disiplin lebih efektif dengan nilai-nilai Islami dan peran orang tua dan ustad/ustadzah dalam memberikan contoh dan dapat dicontoh.

Kata kunci: Pembentukan Disiplin; Pembiasaan dan Teori Behavioristik


Keywords


Pembentukan Disiplin; Pembiasaan; Teori Behavioristik

Full Text:

PDF

References


Aisyah, U. dan sulistiyani nariyah. (2019). “Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Anak Asuh Di UPTD Budi Asih Bandar Lampung,.” Jurnal Literasi, 1(2), 108–124.

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 125–164.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74.

Aziz, A. A., & Muhid, A. (2022). Teori Belajar Behavioristik dalam Kitab Bughyatul Ikhwan Karya Imam Ramli. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 444–461.

Dewita, E., & Indrawadi, J. (2020). Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 12(1).

Hafinda, T. (2021). Keterampilan Guru Mengelola Kelas : Upaya untuk meningkatkan Prestasi. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 167–182.

Hilna, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2022). Strategi Penanaman Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD SAI Ceria Sejuah Kabupaten Sanggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 588–598.

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar & Pembelajaran. UMM Press.

Irfandi, I. (2019). Model Pendidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al Khairaat Madinatul Ilmi Dolo. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 3(1), 66–83.

Irwan, I., Hully, H., & Ulfa, M. (2021). Dampak Reward dan Punishment dalam Membentuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa BDR (Belajar Dari Rumah) di Tk Putra 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 134–138. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.137

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI.

Komalasari, R. (2020). Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Positif dan Keteladanan di Tk Tadika Puri Gandaria Jakarta Selatan. Institut PTIQ Jakarta.

Krobo, A. (2021). Kemandirian Anak Mengurus Diri Sendiri Dikembangkan Melalui Metode Pembiasaan. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–77.

Maghfhirah, S., & Maemonah. (2019). Pemikiran Behaviorisme dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 89–110.

Majid, M. F. A. F., & Suyadi, S. (2020). Penerapan Teori belajar Behavioristik dalam Pembelajaran PAI. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(3), 95–103.

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15.

Masruroh, S., & Dewi, N. F. K. (2020). Penerapan Reinforcement Dalam Mendisiplinkan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 55. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2340

Mawarni Purnamasari, & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990

Mursid, B. (2015). Pengembangan pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90–100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304

Pavlov, I. P. (1941). Conditioned Reflexes and Psychiatry. International Publisher co.

Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas, 72.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49.

Pujiat, R. (2021). Meningkatkan Perilaku Disiplin Melalui Metode 1-2-3 pada Anak Kelompok A Taman Kanak Kanak Islam Bahrul Ulum Puspiptek Tangerang Selatan. Humanis, 1(2), 792–798.

Purwaningrum, B. Y. T., Irawan, C. F., Lestari, E. A., Farikhah, I. I., Rosanty, N., Annisa, R. W., & Septiarini, T. (2022). Menerapkan Sikap Disiplin Di Sekolah Dasar. SNHRP, 1126–1133.

Putra, A. (2020). Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Menangani Kecemasan Pasien Pra Operasi Getah Bening di RSUP Dr. M. Djamil Padang. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 1–19.

Rahmah Wati Anzani, & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 180–193.

Riduwan, R. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (Cet. 10). CV. Alfabeta.

Risma, w. s. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Beining, 4, 87–98.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma, 14(7), 1–11.

Sri Mulyani, E., & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Qathrunâ, 8(1), 1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782

Suhono, S., & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan JMKSP. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, Dan Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 21–47.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Susi Pirdayani Yusmarlina. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Membanguun Kediplinan Santri di TPQ di TPQ An_Nur Desa Kecamaatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. IAIN Ponorogo.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Syamsu Yusuf, L. N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. JUANGA: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 7(2), 29–38.

Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di PAUD Sekar Nagari UNNES. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2), 174–189.

Verawaty, & Izzati. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wati, A. K., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813.

Yanas, M. A. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Kegiatan Kultum. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 81–100. https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i1.7325




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.13494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Beni Azwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand