Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Tataran Fonologi Anak Umur 1 Tahun 4 Bulan
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to explore vowel forms and phonemes at the phonological level of children aged 1 year 4 months through a psycholinguistic approach. This research method uses descriptive analysis. By using everyday language (local language), the approach used is a psycholinguistic approach by means of descriptive analysis. The data collection technique used in this study was recording and recording all sounds made by Kaysa. After carrying out these techniques, further data processing using tables. This method allows researchers to obtain the required data. The research subject was a 1 year and 4 month old child named Kaysa Arafah Islamiah (KAI) who was born in the rural district of Jeneponto. Source of data comes from the results of observation description and analysis. The research results obtained imply that Kaysa can produce many vowels such as [a], [i], [e], and pronounce the words /ma-ma/, ba-ba/, a-i/, /ee'/. The consonants found in the Kaisa phoneme are [b], [p], [m], [n] and pronounce /mam/, ba-ba/, pa-pa/, /nun/, ta-ta/. The pattern is in word for word format with the structure KV, KVK, KVKV, VKV.
Keywords: aquisition; consonant; first language; phonology
Abstrak
Penelitian ini memaparkan bagaimana memperoleh bahasa pertama (bahasa daerah) pada anak usia 1 tahun 4 bulan di Desa Bulusibatang, Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi bentuk vokal dan fonem pada tingkat Fonologi anak usia 1 tahun 4 bulan melalui pendekatan psikolinguistik. Dengan menggunakan bahasa sehari-sehari (bahasa daerah), Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan psikolinguistik dengan cara analisis deskripsi. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah merekam dan catat semua suara yang dikeluarkan oleh Kaysa. Setelah melakukan teknik tersebut selanjutnya pengolahan data dengan menggunakan tabel. Metode ini memungkinkan peneliti bisa mendapatkan data yang dibutuhkan. Subyek penelitian adalah anak yang berusia 1 tahun 4 bulan yang bernama Kaysa Arafah Islamiah (KAI) yang lahir di pedesaan kab jeneponto. Sumber data berasal dari hasil pengamatan deskripsi dan analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menyiratkan bahwa Kaysa dapat menghasilkan banyak huruf vokal seperti [a], [i], [e], dan melafalkan kata /ma-ma/, ba-ba/, a-i/, /ee’/. Konsonan yang terdapat pada fonem Kaisa adalah [b], [p], [m], [n] dan melafalkan /mam/, ba-ba/, pa-pa/, /nun/, ta-ta/. Pola dalam format kata demi kata dengan struktur KV, KVK, KVKV, VKV.
Kata kunci: bahasa pertama; fonologi; konsonan; pemerolehan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Kasmilawati, I. (2020). Pemerolehan Fonologi pada Kasus Azzahra (0-2 Tahun). STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.983
Alshahrani, A. (2022). A Psycholinguistic Training to Improve Expressive Language Among Children with ASD. Psycholinguistics, 32(1), 51–65. https://doi.org/10.31470/2309-1797-2022-32-1-51-65
Arifin, A. A., Ummah, D. M., & Alim, S. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Menggunakan Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di PAUD Alkhairaat Gambesi Kota Ternate. Jurnal Ilmih Cahaya Paud, 4(1).
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2021). Analisis Perkembangan Semantik Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Jurnal PAUDIA, 10(2), 289–300. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9244
Dolynska, L., & Grinova, O. (2022). Psycholinguistic Dimensions of Designing the Future by Adolescents and Youth. East European Journal of Psycholinguistics, 9(1), 9–39. https://doi.org/10.29038/eejpl.2022.9.1.dol
Hristo Kyuchukov, J. de V. (2018). Language Complexity, Narratives And Theory Of Mind Children, of Romani Speaking. East European Journal of Psycholinguistics, 5(2), 12–26.
Isacoff, N. M. (2022). The psycholinguistics of propaganda: mechanisms of subjugation and how to challenge them. East European Journal of Psycholinguistics, 9(2), 29–40. https://doi.org/10.29038/eejpl.2022.9.2.isa
Kalmykova, L., Kharchenko, N., Kyuchukov, H., МysаnІ., & Kalmykov, H. (2022). Theory of L1 Acquisition and Speech Development of Children in Ontogenesis: Methodology, Concept, Practice. Psycholinguistics, 32(1), 66–111.
Karimah, F., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Melalui Bercerita Jurnal Pagi Dan Story Telling Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 321–336. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9239
Karlinah, H. S. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan dengan Perhitungan MLU Menggunakan Teori Brown. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.
Karmila, M., & Pusari, R. W. (2017). Analisis Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Pada Aspek Semantik Di Semarang Multinational School. Jurnal PAUDIA, 6(7), 158–170.
Keleş, O., Atmaca, F., & Gökgöz, K. (2022). Effects of age of acquisition and category size on signed verbal fluency. Language Acquisition, 29(4), 361–383. https://doi.org/10.1080/10489223.2021.2023814
Kogan, N., & Saiegh-Haddad, E. (2023). The internal structure of the syllable in Russian and in Hebrew: Evidence from monolingual kindergarteners. Applied Psycholinguistics, 44(1), 101–129. https://doi.org/DOI: 10.1017/S0142716423000012
Lestari, P., Friantary, H., & Andra, V. (2022). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 − 5 Tahun di Kelurahan Lubuk Lintang Kabupaten Seluma ( Kajian Fonologi ). Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 2(1), 1–9.
Makarets, I. (2020). Psycholinguistic nature of the language norm and its place among the factors of speech activity. Psycholinguistics , 29(2), 151–172. https://doi.org/10.31470/2309-1797-2021-29-2-151-172
Maulida, S. (2021). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Melalui
Media Abc Magnet Box di RA M Gandu I. Journal Paudia, 10(1), 150–158. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8049
Melnyk, I., Holoiukh, L., Kalishchuk, D., & Levchuk, I. (2020). Verbal markers of the concept of peace: Psycholinguistic and lexical analyses. East European Journal of Psycholinguistics, 7(2), 214–230. https://doi.org/10.29038/EEJPL.2020.7.2.MEL
Messer, R. H., & Kennison, S. (2020). Bethel College, KS, USA. 7(1), 85–96.
Nurhayati, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun. 5(1), 82–90.
Nurlaila. (2020). Konsep Pemerolehan Bahasa Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa. Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 47–64.
Oktavia Indriyani, H. S. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia 43 Bulan Melalui Tataran Fonologi (Kajian Mean Length Of Utterance). BAHTERA INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 565–578. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.282
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Rojo, D. P., Echols, C. H., & Griffin, Z. M. (2022). Can speakers of different languages be saying the same thing? Influences of non-native language exposure and explicit comparison on children’s language awareness. Applied Psycholinguistics, 43(5), 973–995. https://doi.org/10.1017/S0142716422000248
Samko, Milan, M. Č. Č. (2021). First Language Acquistion By Roma And Slovak Children. East European Journal of Psycholinguistics, 8(2), 223–232. https://doi.org/https://doi.org/10.29038/eejpl.2021.8.2.sam
Siron, Y., Firliyani, N., & Chairunisa, S. R. (2020). Bagaimana Keterlibatan Orang Tua Dalam Terapi Wicara Anak Down Syndrome? PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 25–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6347
Suparman. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. BAHTERA INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.145
Verhagen, J., Kuiken, F., & Andringa, S. (2022). Family language patterns in bilingual families and relationships with children’s language outcomes. Applied Psycholinguistics, 43(5), 1109–1139. https://doi.org/10.1017/S0142716422000297
Wijayanti, L. M. (2021). Penguasaan Fonologi dalam Pemerolehan Bahasa: Studi Kasus Anak Usia 1.5. Absorbent Mind, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.783
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Juanda Juanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats