Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Bernyanyi Lagu Nasional di PAUD
Abstract
Abstract
The introduction of the national anthem at TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Blitar aims to educate children about moral lessons and commendable qualities that can be found in national songs. The basic framework of the formation of character values can be found in nationalism, which is embodied in the character values contained in the verses of the national anthem. The character traits expressed in the words of the national anthem are used to interpret the national spirit, which is perhaps the most important factor in the development of moral principles. Lack of character value of love for the homeland in TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Blitar in children aged 5 to 6 years can be instilled with the implementation of research on cultivating love for the homeland with singing methods at TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Blitar Regency so that it gets quite good results. Singing using the national song can make early childhood characters more aware of the value of characters who love their homeland.
Keywords: Cultivating Character Values; Singing the National Anthem; Early childhood.
Abstrak
Pengenalan lagu kebangsaan di TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Blitar bertujuan untuk mendidik anak tentang pelajaran moral dan sifat-sifat terpuji yang dapat ditemukan dalam lagu-lagu nasional. Kerangka dasar pembentukan nilai-nilai karakter dapat ditemukan dalam nasionalisme, yang diwujudkan dalam nilai-nilai karakter yang terkandung dalam syair lagu kebangsaan. Sifat-sifat karakter yang diungkapkan dalam kata-kata lagu kebangsaan digunakan untuk menafsirkan semangat kebangsaan, yang mungkin merupakan faktor terpenting dalam pengembangan prinsip-prinsip moral. Kurangnya nilai karakter cinta tanah air di TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Blitar pada anak usia 5 sampai 6 tahun dapat ditanamkan dengan pelaksanaan penelitian penanaman rasa cinta tanah air dengan metode bernyanyi di TK Dharma Wanita Tambakrejo 01 Kabupaten Blitar sehingga mendapatkan hasil yang cukup baik. Bernyanyi menggunakan lagu nasional dapat membuat karakter anak usia dini semakin mengetahui nilai karakter cinta tanah airnya.
Kata kunci: Penanaman Nilai Karakter; Bernyanyi Lagu Nasional; Anak Usia Dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, V., & Aini, S. N. (2021). Penanaman Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi di RA Muslimat Tanwirut Thullab. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 22–28. https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.133
Akbar, S., Sa'dijah, C., Wahyuni, S., Arafik, M., Samawi, A., Saryono, D.Marjanto, D.
K. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode penanaman nilai-nilai pancasila pada anak usia dini di taman kanak-kanak kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2.
Gutama, A. (2020). Analisis Pola Ritme dan Bentuk Lagu Anak. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/vt.v3n1.p23-32
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hayati, N., Fatimaningrum, A. S., & Wulandari, R. (2019). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 116–125. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29102
Hutagaol, Y. R., Prabowo, Z. R., Pradanto, M. R., & Jatmika, O. B. (2021). Lagu Nasional: Sarana Retorika Ideologi Kebangsaan. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(1), 1–11. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/1376
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Lubis, M. S., Hidayati, I., & Kaban, S. P. (2021). Study Tentang Pemberdayaan atau Penggunaan Alat Musik Sederhana Pada Kegiatan Bernyanyi di TK Wesley Kota Kaban Jahe. Jurnal Usia Dini, 7(2), 58. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30587
Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41.
Mahdaleni, M., & Hadiyanto, H. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Berbasis Sumbang Duo Baleh Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5575–5583. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2932
Miles M. B., Huberman, A. M., dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, Ul-Press.
Mislikhah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39
Moleong, j, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdian, N., Rozana Ulfah, K., & Nugerahani Ilise, R. (2021). Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 344. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414
Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663
Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89
Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 95–101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873
Yati, N., Fitri Silvia Sofyan, & Nadya Putri Saylendra. (2020). Peran guru membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai upaya pembentukan nasionalisme siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 117–121. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1338
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mella Nanda Nurohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats