Model Pengasuhan Terhadap Pembentukan Karakter Anak Panti Asuhan Al –Washliyah Kota Binjai

Lidya Saputri, Syawaluddin Nasution

Abstract


Abstract

Orphanages are facilities for neglected children, children without parents, and underprivileged children. This article aims to discuss the programs provided by the orphanage in caring for orphans, then how are the models of caregivers there in shaping the character of the orphanage, what kind of character is formed, and the inhibiting factors in shaping the character of the orphanage. The method in this research is qualitative, namely observation, data collection, interviews, and direct documentation of orphanages. The research subjects were the administrators of the orphanage and the children in the orphanage. Based on the results of the research that each orphanage has its own way of shaping the character of the children in the orphanage. Just like in the al-washliyah orphanage, binjai city, there they apply rules that are obeyed by every child. From the results of the interviews they conducted, they applied a democratic parenting model, namely parenting that prioritizes communication between children and parents. When the child wants to do something, he must first discuss it with the caregivers who are there, with this discussion it can make the child become focused, confident, able to socialize well and become a more independent person.

Keywords: Parenting; Character building; Orphanage

Abstrak

Panti Asuhan adalah fasilitas bagi anak terlantar, anak yang tidak ada orangtua nya,dan anak yang kurang mampu. Artikel ini bertujuan untuk membahas program yang diberikan pihak panti dalam mengasuh anak panti, kemudian bagaimana model pengasuh yang ada disana dalam membentuk karakter anak panti , karakter seperti apa yang dibentuk, dan faktor penghambat dalam membentuk karakter anak panti . Metode dalam penelitian ini adalah Kualitatif, yaitu Observasi, pegumpulan data, wawancara, dan dokumentasi langsung kepanti asuhan. Subjek penelitian adalah para pengurus panti asuhan dan anak –anak yang ada dipanti asuhan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya setiap panti asuhan memiliki caranya masing –masing dalam membentuk karakter anak dipanti asuhan tersebut. Sama halnya seperti didalam panti asuhan al-washliyah kota binjai, disana mereka menerapkan aturan yang dipatuhi oleh setiap anak. Dari hasil wawancara yang dilakukan mereka menerapkan model pengasuhan secara demokratis, yaitu pola asuh yang mengutamakan komunikasi antara anak dan orangtua. Ketika anak tersebut ingin melakukan sesuatu maka harus berdiskusi terlebih dahulu kepada para pengasuh yang ada disana, dengan adanya diskusi tersebut dapat membuat anak tersebut menjadi terarah, percaya diri, dapat bersosialisasi dengan baik dan menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Kata kunci: Pengasuhan; Pembentukan karakter; Anak Panti Asuhan


Keywords


Pengasuhan; Pembentukan karakter; Anak Panti Asuhan

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. an-Nisa, 11(1), 354–363. https://doi.org/10.30863/an.v11i1.302

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Elga Yanuardianto, & Fathorrahman. (2022). Proses Pembentukan Nilai Karakter Anak di Yayasan Panti Asuhan Dinas Sosial Kabupaten Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 154–168. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.154-168

Fadilah, Rabi’ah, Wahab Syakhirul Alim, Ainu Zumrudiana, Iin Widya Lestari, Achmad Baidawi, dan A. D. E. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahham, A. M. (2022). Pendidikan Pesantren ( Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak ). Publica Institute Jakarta.

Gafur, A. (2020). Model Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak-Anak Panti Asuhan Mawar Putih Mardhotillah Di Indralaya ( Investment Model ff Islamic Religious Values in Children Orphanage Mawar Putih Mardhotillah in Indralaya ). Titian : Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 60–73. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian

Kaonang, M. P. M. A. M. N. A. D. (2023). Keperawatan Anak. Media Sains Indonesia.

Mansir, F. (2022). Tantangan Dan Ancaman Anak Indonesia: Potret Pendidikan Nasional Era Digital. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 387–399. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9990

Maula, D. A. . N. Z. dan R. W. (2019). Peranan Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Probolinggo Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Civic Hukum, 4(3), 1–9.

Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318

Putri, E., & Yarni, L. (2023). Pengaruh Peranan Orang Tua Asuh Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Cabang Bukittinggi. A N W A R U L Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(1), 1–10.

Roja, M. L. (2020). Kebijakan Pendidikan Anak Terlantar Di Panti Asuhan St. Louis De Monfort Kota Kupang. SocioEdu: Sociological Education, 1(1), 34–41. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/se

Sari, F. (2020). Penguatan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara Pada Anak Panti Asuhan Al Munawarroh. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 26–31. https://doi.org/10.30596/jp.v5i1.5743

Sinomba, M. . W. dan A. M. D. (2023). Metode Pengasuhan Dalam Pembentukan Karakter Religius Di Panti Asuhan Yatim Putra Islam Yogyakarta. Urwatul Wutqo: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 12(1), 12–26.

Suarmini, N. L., Sendratari, L. P., & Maryati, T. (2019). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter pada Anak-Anak Panti Asuhan Narayan Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali dalam Membangun Integrasi Sosial Di kalangan Penghuni Panti Asuhan. Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 112–125.

Sukamti, L., & Widiastuti, A. A. (2022). Implementasi Disiplin Positif Oleh Orangtua Dalam Proses Pengasuhan Terhadap Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 532–537. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.12311

Sulthoni, Y. dan S. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1), 104–116.

Susianto, A., Darmawati, D., & Ramli, R. (2020). Pola Pembinaan dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan dan Kemandirian Anak Panti Asuhan Mutmainnah di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Komunida, 8(2), 183–203.

Utama, C. F. dan fajar. (2022). Upaya Pembentukan Karakter Remaja di Panti Asuhan Yayasan Anugrah Kasih Abadi. Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 781.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lidya Saputri, Syawaluddin Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand