Pengembangan Model Permainan Berbasis Outbond Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab untuk Anak
Abstract
Abstract
This research was motivated by the use of less effective learning support models, students lack enthusiasm in participating in learning activities, late submitting assignments and lack of maintaining class cleanliness, This is motivated by the limited facilities and infrastructure used so that students are less enthusiastic when learning. Study aims to develop an outbound-based game model to instill the character of children's responsibility. This type of research is research development or Research and Development (R&D) with a 5-stage development procedure. The stages of the development procedure are Potential and Problems, Information Collection, Product Design, Design Validation, Design Revision. Data collection is carried out through observation, interviews, questionnaires, and documentation. The development resulted in 5 outbound-based game models to instill the character of children's responsibility, namely 1) swaying bridge game, 2) watery sponge game, 3) victory twig game, 4) golden ball game and 5) rocky river game. The results of the expert assessment show that the outbound-based game model to instill the character of responsibility that has been developed is worth testing
Keywords: game models; outbond; responsibility character; children
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model penunjang pembelajaran yang kurang efektif, siswa kurangnya antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, terlambat mengumpulkan tugas serta kurangnya menjaga kebersihan kelas, Selain itu karena terbatasnya sarana dan prasana yang digunakan sehingga anak kurang antusias saat pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak usia 6-9 tahun dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan berbasis outbound untuk menanamkan karakter tanggung jawab anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengen prosedur pengembangan 5 tahap. Tahapan prosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengembangan menghasilkan 5 model permainan berbasis outbound untuk menanamkan karakter tanggung jawab anak, yaitu 1) permainan jembatan bergoyang, 2) permainan spons berair, 3) permainan ranting kemenangan, 4) permainan bola emas dan 5) permainan sungai berbatu. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa model permainan berbasis outbound untuk menanamkan karakter tanggung jawab yang telah dikembangkan layak untuk di ujicobakan
Kata kunci: Model permainan; outbound; karakter tanggung jawab; Anak
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(2), 138-147. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446
Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160. Retrieved from https://www.jptam.org/in
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab, dan Cinta Tanah Air (Digital ed.). Jakarta: Nusa Media.
Mustoip, S., Jafar, M., & Zulele. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9318
Orson, C. N., Mc Govern, G., & Larson, R. W. (2020). How challenges and peers contribute to social-emotional learning in outdoor adventure education programs. Journal of Adolescence, 81(July 2019), 7–18. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2020.02.014.
Permatasari, W. B., Nurtamam, M. E., & Wulandari, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Jam Sudut Elektrik Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 Bangkalan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 73-79. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4563
Prastiwi, V. R. (2021). Outbound (Pembinaan Kepribadian, Pengembangan Mental, dan Budi Pekerti) (Digital ed.). Jakarta Timur: PT Perca.
Safitri, W., Sumardi, S., & Muslihin, H. Y. (2020). pengembangan bahan ajar permainan fun outbond mencari harta karun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 96-106. https://doi.org/10.17509/jpa.v4il.27201.
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual class berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-129. http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1904
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Al Fabeta Sukmadinata.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thalia, S., Sit, M., & Sapri. (2018). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B di Bandar Klippa. Jurnal Raudhah, 06(02). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.285
Yunaida, H., & Rosita, T. (2018). Outbound berbasis karakter sebagai media pembelajaran anak usia dini. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 30-37. http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.62
Zakaria. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar Di Era Industri 4.0. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 4(1), 1–13. https://stai-binamadani.ejournal.id/jurdir/article/view
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 asep ardiyanto, pamuji sukoco, sugeng purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats