THE RELATIONSHIP BETWEEN INTENSITY OF SOCIAL MEDIA USE AND SOCIAL INTERACTION OF GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 17 SEMARANG

Dara Aurizha Kuncoro, Suhendri Suhendri, Padmi Dhyah Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaanmedia sosial dengan interaksi sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Semarang.Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan remaja yag diduga dapat mempengaruhi cara mereka berinteraksi secara langsung dengan lingkungan sosialnya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan Teknik pengumpulan data melalui angket yang disusun dalam bentuk skala likert, yang terdiri dari 2 variabel yaitu intensitas penggunaan media sosial sebagai variabel bebas (x) dan interaksi sosial sebagai variabel terikat (y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Semarang, dan sebanyak 60 siswa dipilih sebagai sampel menggunakan Teknik random sampling. Uji validitas dan reliabelitas dilakukan terhadap instrument penelitian , dan seluruh butir dinyatakan valid reliabel. Analisis data menggunakan uji korelasi Perason Product Moment melalui bantuan perangkat lunak SPSS ver 16.

Hasil analisis menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar r = -0,147 dengan nilai signifikansi (sig.2- tailed) sebesar 0,261. Karena nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai r hitung lebih kecil dari pada r tabel (0,254). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan interaksi sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Semarang. Hasil ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial belum tentu mempengaruhi kemampuan siswa dalam berinteraksi secara sosial.

 

Kata Kunci : Intensitas Medis Sosial, Interaksi Sosial, Siswa SMP

 

Abstract

This study aims to determine the relationship between the intensity of social media use and the social interaction of eighth-grade students at SMP Negeri 17 Semarang. The background of this study stems from the growing phenomenon of social media use among adolescents, which is suspected to influence how they interact directly within their social environments. This research uses a quantitative approach with a correlational method. Data were collected using a Likert-scale questionnaire consisting of two variables: the intensity of social media use as the independent variable (X) and social interaction as the dependent variable (Y). The population in this study includes all eighth-grade students at SMP Negeri 17 Semarang, and a total of 60 students were selected as the sample using simple random sampling. The instruments were tested for validity and reliability, and all items were declared valid and reliable. Data analysis was conducted using the Pearson Product Moment correlation test with the assistance of SPSS version 16. The results of the analysis showed a correlation coefficient (r) of -0.147 with a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.261. Since the significance value is greater than the alpha level of 0.05 and the calculated r value is less than the r table (0.254), it can be concluded that there is no significant relationship between the intensity of social media use and students' social interaction. These findings indicate that the frequency of social media usage does not necessarily impact students' ability to engage in social interactions.

 

Keywords: Social Media Intensity, Social Interaction, Junior High School Students


Full Text:

PDF

References


Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective wellbeing pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11–24.

Efendi, A. (2017). Analisis pengaruh penggunaan media baru terhadap pola interaksi sosial anak di Kabupaten Sukoharjo. Surakarta: UNS Press.

Ginting, D. C. A., Rezeki, S. G., Siregar, A. A., & Nurbaiti. (2024). Analisis pengaruh jejaring sosial terhadap interaksi sosial di era digital. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 22–29.

Irfiani, U. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIS T.I Al-Musthafawiyah. Skripsi. STAI Al-Ishlahiyah Binjai.

Ivana. (2017). Intensitas Penggunaan Media Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Jemali, I., dkk. (2024). Pengaruh media sosial terhadap komunikasi antar pribadi. Jakarta: Literasi Nusantara.

Khoirul, A. (2016). Psikologi Sosial: Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan. Malang: UMM Press.

Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai media pembelajaran digital agama Islam di era 4.0. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 160–174.

Monks, F. J. (2010). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, E. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kesejahteraan Sosial Remaja. Bandung: Pustaka Remaja.

Rahman, R. Y. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Riyana, C. (2017). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rozi, F. (2022). Pengaruh media sosial terhadap pola perilaku komunikasi remaja. Yogyakarta: Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah.

Sentri, R. S., Sutja, A., & Yusra, A. (2022). Pengaruh kecanduan media sosial terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII & IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1349–1358.

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyarto, A. P. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suci, A. T. (2016). Pengaruh penggunaan aplikasi Blackberry Messenger terhadap interaksi sosial di kalangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) Swasta Krakatau Medan. Skripsi. Universitas Medan Area.

Triyanto, A. (2019). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial tatap muka pada siswa kelas VIII. Jurnal Bimbingan Konseling Remaja, 2(1), 55–64.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v5i1.22706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing :

    


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

E-ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang