ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 2 TAMANREJO KABUPATEN BLORA

Aditya Perdana, Sukamto Sukamto, Rofian Rofian

Abstract


Kurikulum Merdeka menjadi langkah awal untuk dapat mendukung terwujudnya tujuan dari pendidikan nasional dan tujuan tersebut yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan melalui pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SD Negeri 2 Tamanrejo Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 2 Tamanrejo. Subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Tamanrejo. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara guru dan siswa, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menurut Miles dan Huberman yang digunakan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian didapatkan pada tahap persiapan dengan melakukan perencanaan pembelajaran berkaitan dengan penyusunan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru kelas IV, meliputi modul ajar, program tahunan (Prota), program semester (Promes), capaian pembelajaran (CP), modul ajar yang mencakup tujuan dari proses pembelajaran (TP), dan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan mengikuti workshop. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka di kelas IV peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing pada kelas yang menerapkan pembelajaran diferensiasi dan juga peserta didik harus terlibat secara aktif dalam pembelajaran tersebut baik secara individual ataupun kelompok.

Full Text:

PDF

References


Anggini, I. T., Riana, A. C., Suryani, D., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(3), 398–405.

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995

Basyaruddin, I., & Ellianawati. (2021). Pengembangan E-Module Aplikatif untuk Memperkuat Penguasaan Materi Fisika pada Kompetensi Keahlian di SMK. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 284–289. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/55700

Dewi, J. N., Patonah*, S., & Sukamto, S. (2023). Validation of Sience, Technology, Engineering, and Matemathic Based Diagnostik Assessment on Natural Resource Material for Phase B Elementary School Students using Rasch Model. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(3), 654–667. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i3.31165

Erlangga, R. D., Rahminawati, N., & Suhardini, A. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Metode Integrated Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka di Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 1880–1893. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.958

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 (Issue 021).

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019

Rofian, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2), 173–181. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1350

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886

Sutisnawati, A., Edwita, & Yarmi, G. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Literasi Membaca pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(03), 1–19.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v5i1.22794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing :

    


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

E-ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang