PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS VB SDN UNGGULAN KABUPATEN MAGETAN

Sudarwati Wati

Abstract


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang bersifat empirik dan membahas tentang fakta serta gejala alam maka pembelajaran hendaknya menekankan ketrampilan proses. Apabila pengajaran IPA didominasi dengan metode ceramah maka menjadi pembelajaran yang membosankan dan siswa menganggap IPA sebagai pelajaran yang sulit. Karena itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang interaksi antara guru dan siswa. Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA maka perlu dilaksanakan pembelajaran IPA yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan investigasi sehingga ditemukan data dan konsep pengetahuan. Salah satu model pembelajaran yang memiliki karakteristik tersebut di atas adalah Model Group Investigation (GI). Berdasar masalah diatas maka peneliti menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPA  materi cahaya dan sifatnya pada siswa kelas VB SDN Unggulan Magetan dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari semakin meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 81 % meningkat menjadi 86 % pada siklus II. Penerapan model pembelajaran Group Investigation juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai siswa. Ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 75 %. artinya pada siklus I ada 12 anak yang telah tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II persentase meningkat menjadi 87,5%, artinya 14 anak telah mempunyai nilai diatas KKM (nilai 75). Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 78,44 meningkat pada siklus II menjadi 83,13.

Kata kunci: model Group Investigation, aktivitas belajar, hasil belajar IPA



Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. (2006). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok

terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Jurusan

Pendidikan Matematika UPI Bandung: Tidak Diterbitkan

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Mata Pelajaran IPA Tingkat SD.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudoyo, H., (2005), Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : DepDikbud.

Ibrahim dan Muslimin. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Krismanto. Al. (2004). Beberapa Teknik Model dan Strategi dalam Pembelajaran

Matematika. Tersedia: http//www.Dunia_guru.com/doc/matematika /sma/system

pembelajaran_matematika Pdf ( 5 Februari 2008)

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses

Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group.

Sardiman.( 2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawan, Wawan. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan

Investigasi Kelompok. Tersedi:http/58.145/web/ppp/ppp_pendekatan_

investigasi. Pdf [29 Januari 2008]

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sukayati. (2003) Penelitian Tindakan Kelas di SD. http:/p4tkmatematika.org (diunduh 10

Maret 2015)

Tim Pelatih PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Recearch).

Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

TIM-FKIP UT., (2014). Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta: Universitas

Terbuka

Wahab, Abdul Aziz, (2007). Metode dan Model-Model Mengajar, Bandung: Alfa beta

Zainuddin, M. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter ersahabat/komunikatif melalui

Model Group Investigation Mapel IPS. Penelitian UM Malang: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.26877/jsip.v1i2.8210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing :

    


Copyright of JSIP (Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan)

E-ISSN 2985-5012

FIP Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S. Psi., M. Psi. Psikolog
Email: [email protected]