Implementasi Pendidikan Karakter Terintregrasi Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Randublatung Kabupaten Blora

Enggar Ratih Kawuryan, Valdyan Drifanda

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang adanya pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan siswa terutama terkait nilai kedisiplinan siswa sepertihalnya terlambat masuk mekolah, tekat siswa untuk menimba ilmu masih kurang, dan guru hanya menilai dari kognitif tanpa memahami karakter siswa. Pandangan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dalam perancangan, penerapan, dan evaluasi serta rintangan yang dihadapi tim pengajar ketenagakerjaan dalam menyampaikan materi bagi siswa dalam mempelajari pelajaran ekonomi di SMA Negeri Randublatung 1 di Blora. Deskriptif kualitatif dengan pendekatan case view sebagai metode yang digunakan peneliti. Strategi pengumpulan statistik yang diterapkan berupa pendapat, wawancara, dan evaluasi data dengan menggunakan teknik evaluasi informasi interaktif Miles & Huberman.

Hasil penelitian tersebut akan disimpulkan bahwa rancangan diterapkan dalam praktik RPP, penerapan melalui pembiasaan, keteladanan, dan intervensi nilai-nilai yang telah dihayati ke depan, penerapan ekonomi. Nilai siswa dalam mengenal karakter dinilai dari segi unsur afektif melalui lembar komentar pola pikir dengan tanda dan gejala kejujuran, bidang, tugas, perhatian, dan gambar sulit, rintangan yang dihadapi guru adalah guru masih kesulitan mengingat siswa untuk menetapkan nilai karakter siswa, kondisi dan menggali aktifitas siswa yang kurang, guru belum terlalu menguasai model yang sesuai dengan bahan ajar ekonomi, dan instruktur masih kesulitan memahami sifat murid.

Kata Kunci : Karakter, Integrasi, Belajar Ekonomi


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Rusmayanti, M., & Mardiyah, S. U. K. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 5(2).

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Susilowati, E. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di SMK Negeri 2 Purworejo Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Yogyakarta).

Susiyanto, M. W. (2014). Analisis implementasi pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37081.

Fauziyyah, D. (2019, July). Penerapan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Kebomas. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 183-190).

Suprapti, E., Priono, H., Thamrin, T., & Baso, R. (2021). Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Akuntansi sebuah Upaya membentuk Siswa Akuntansi berkarakter Antikorupsi. Tangible Journal, 6(1), 39-54.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191-212.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Wahyuningtias, M. F. (2020). Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 6 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wicaksono, D. S. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran mata pelajaran akuntansi dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.