Analisis Keberlangsungan Usaha Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional Ngawen, Kabupaten Blora)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui faktor pendukung keberlangsungan usaha pedagang pasar dalam melakukan strategi untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatannya pedagang pasar tradisional Ngawen Kabupaten Blora di masa pandemi COVID-19. 2) Mengetahui strategi yang dilakukan pedagang pasar tradisional Ngawen Kabupaten Blora untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatannya di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakkan pendekatan induktif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini data primer yang digunakkan berupa catatan hasil wawancara di lapangan yang diperoleh melalui wawancara dengan para pedagang yang berjualan di pasar tradisional Ngawen Blora. Objek penelitian terdiri dari 4 pedagang pasar tradisional Ngawen, 1 Kepala pasar, 1 Dinas perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Faktor pendukung keberlangsungan usaha pedagang pasar dalam melakukan strategi untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatan pedagang pasar tradisional Ngawen Kabupaten Blora di masa pandemi COVID-19 yaitu permodalan yaitu penggunaan akumulasi awal atau tabungan sebagai pendukung keberlangsungan keberlangsungan usaha , Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu pelatihan ketrampilan dan penerapan protokol kesehatan, produk yaitu persediaan barang, kualitas, pemasaran melalui online (facebook) dan secara langsung, serta pemilihan lokasi yang strategis. 2) Strategi keberlangsungan usaha yang dilakukan pedagang pasar tradisional Ngawen Kabupaten Blora untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan pendapatannya di masa pandemi COVID-19 adalah dengan distinctive competence, yaitu Inovasi pengembangan produk dan competitive advantage, yaitu Pelayanan yang ramah dengan memperhatikan kepuasan konsumen, target pasar tepat sasaran, pemanfaatan laporan keuangan untuk mengukur kauntungan maupun kerugian pedagang.
Kata kunci: keberlangsungan usaha, pedagang, pasar tradisional, pandemi covid-19
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adcock, Jackson. 2017. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
Admoko, Aribawa. 2016. Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 10-21.
Asauri, Almita. 2018. Strategi Pengembangan SDM Menurut Konsep Islam dalam Majalah Triwulan Mimbar Ilmiah. Universitas Islam Djakarta, Tahun IV No.13.
Azimah, Rizki Nor; dkk. 2020. Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar Klaten dan Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Chase, Jacobsh. 2019. Operations Management for Competitive Advantage. Mc Graw Hill. New York.
Damsar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Malang: UIN-Maliki Press.
David, Sutisna. 2009. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gupta, H. 2013. Strategi Bertahan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Strategi Bertahan Pedagang Pasar Kranggan Yogyakarta). Lmu Pembangunan Sosial Dan Kesejahteraan (Sosiatri). BP UNDIP Semarang.
Jeffrey, et al. 2012. Ekonomi Skala Kecil Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kaswan. 2013. Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.
Kusnawan, dkk. 2019. Pengantar Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Ramadhan, Utari. 2019. Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. 576-585.
Reed, John & Fillippi. 2018. Operations strategy: A Literature Review. Journal of Operations Management. 133-1.
Riawan, Wahono. 2018. Pengembangan Usaha. Jakarta: Rajawali Pers.
Rinaldo, Muhammad. 2018. The COVID-19 Pandemic: Lessons Building Traders Who Are More Equal In Their Business Sustainability. Journal of Marketing. 190-208.
Riyanto, Kusuma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ruky. Wijaya. 2013. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syafanah, Ely. 2015. Sumber Modal Pada Usaha Kecil Makanan Ringan Desa Kelangonan Gresik. Gresik: Skripsi. Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Theresia. K. 2018. Modal sosial dan Kelangsungan Usaha (Studi Kasus Keterkaitan Modal Sosial dengan Kelangsungan Usaha Pedagang di Kawasan Pasar Darurat Klewer Surakarta). UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D.0311003.
Tripathi, Anuj & Teena Bagga. 2020. Leveraging Work From Home For Business Continuity During Covid-19 Pandemic–With Reference To Implementing Bi Solution Adoption. Indian Journal of Economics & Business, 19(1):19-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.