Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Praktikum Elastisitas Berbasis Inkuiri Terbimbing
Abstract
Abstract
Pada pembelajaran sains peserta didik dan pendidik dituntut aktif dalam proses pembelajaran dengan media pembelajaran yang relevan agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan mandiri serta sesuai kebutuhan mereka. Untuk mendukung hal tersebut, media pembelajaran yang disarankan adalah media dengan memanfaatkan teknologi. Maka, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mendukung keaktifan peserta didik seperti media pembelajaran Lembar Kerja Elektronik pada praktikum elastisitas. Lembar kerja elektronik yang dikembangkan pada penelitian ini berbasis Inkuiri Terbimbing yang dilengkapi dengan video pembelajaran, gambar, dan pertanyaan-pertanyaan yang dapat diisi langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development/R&D) dengan Model penelitian dan pengembangan ADDIE yang melalui tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli materi, angket uji coba pendidik dan peserta didik. Lembar kerja yang dihasilkan memperoleh nilai 93% untuk uji validasi materi, 72% untuk uji validasi media, 81,5% untuk uji coba produk oleh pendidik, dan 85% untuk uji coba produk oleh peserta didik. Sehingga Lembar kerja elektronik yang dihasilkan termasuk kedalam kategori sangat layak.
Keywords: lembar kerja elektronik, praktikum elastisitas, inkuiri terbimbing
Abstract
In science learning students and educators are required to be active in the learning process with relevant learning media so that students can learn actively and independently and according to their needs. To support this, the recommended learning media is media that utilizes technology. So, learning media are needed that are interesting and support the activeness of students such as learning media Electronic Worksheets in elasticity practicum. The electronic worksheet developed in this study is based on Guided Inquiry which is equipped with learning videos, pictures, and questions that can be filled in directly. The research method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE research and development model which goes through the analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The instruments in this study were media expert validation sheets, material experts, educators and students trial questionnaires. The resulting worksheets scored 93% for the material validation test, 72% for the media validation test, 81.5% for product trials by educators, and 85% for product trials by students. So that the resulting electronic worksheet is included in the very feasible category.
Keywords: electronic worksheets, elasticity practicum, guided inquiryFull Text:
PDFReferences
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Asrizal, A. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen ke Sekolah, Universitas Negeri Padang.
McDougall, J. M. (2018). The Uses of (Digital) Literacy. Learning, Media and Technology, 43(3).
Bolstad, R. &. (2008). Seeing Yourself in Science. Wellington. New Zealand : New Zealand Council For Educational Research.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.
Permatasari, B. I. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 2.
Naimah, C. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Elastisitas Bahan Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2).
Saputri et al. (2020). Efektivitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(2): 126-134.
Williams, P. J. (2017). Using Technology to Support Science Inquiry Learning. Omnia Science, 7(1) : 26-27.
Sudarmayo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sofnidar., R. Y. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2): 4.
Branch, R. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Branch, R. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lontar Physics Today
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]