Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek pada Materi Difraksi Celah Ganda

Rafy Maulana, Bambang Heru Iswanto, Upik Rahma Fitri

Abstract


Dalam menyiapkan peserta didik untuk tujuan pembelajaran abad 21, guru dan administrator harus merangka pembelajaran terintegrasi teknologi dalam konteks sosial konstruktivisme. Digital storytelling adalah satu mode pembelajaran abad 21. Digital storytelling adalah kombinasi storytelling tradisional dengan multimedia digital, termasuk gambar, animasi, audio rekaman, dan musik yang dibuat sekitar 2-5 menit dalam bentuk video. Digital storytelling memiliki dampak pada keterampilan mengumpulkan informasi, pemecahan masalah, dan sikap terhadap kolaborasi dengan pemangku kepentingan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan digital storytelling yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika berbasis proyek pada materi difraksi celah ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian danPengembangan (Research and Development). Secara spesifik, langkah-langkah pengembangan model mengikuti alur desain instruksional 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminating) yang dimodifikasi menjadi desain instruksional 3-D (Define, Design, Develop).

 

Kata kunci: Digital storytelling, Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek, Difraksi Celah Ganda


Full Text:

PDF

References


Kim H and Lee B 2018 Trend of the Research in Physics Educational Research in Korea Journal of the Korean Physics Society 72(12) 1.502-1.507

Barak M 2016 Science Teacher Education in the Twenty-First Century: A Pedagogical Framework for Technology-Integrated Social Constructivism Research in Science Education

Niemi H & Mustisilta J 2015 Digital Storytelling Promoting Twenty-First Century Skills and Student Engagement Technology, Pedagogy, and Education

Papadopoulou S & Vlachos K 2014 Using Digital Storytelling to Develop Foundational and New Literacies Research Papers in Language, Teaching, and Learning 5(1) p 235-258

Green L S 2015 Language Learning Through a Lens: The Case for Digital Storytelling in the Second Language Classroom School Libraries Worldwide 19(2) p 23-36

Barrett H 2006 Researching and Evaluating Digital Storytelling as a Deep Learning Tool

Di dalam: Crawford C et al Proceeding of Society for Information Technology and Teacher Education International Conference 2006 p 647-654 Chesapeake, VA: AACE

Sadik A 2008 Digital Storytelling: A Meaningful Technology-Integrated Approach for Engaged Student Learning Education Tech Research 56(4) p 487-506

U. S. Department of Education (ED) & U. S. National Science Foundation (NSF) 2013 Common Guidelines for Educational Research and Development

https://ies.ed.gov/pdf/commonguidelines.pdf

Pertiwi C Muliyati D dan Serevina V 2016 Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika 2(1) p 81-88

Tse J K Y et al 2021 Quality Assesment for Digital Storytelling by Young Author Data and Information Management 5(1) p 174-183




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v2i3.16650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats