ANALISIS PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS I SDN 2 PURWOSARI KENDAL

Luluk Istito'ah, Eka Sari Setianingsih, Mila Karmila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui analisis pemanfaatan buku cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa kelas I SDN 2 Purwosari Kendal. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mendeskripsikan suatu fenomena yang terdapat ketika penelitian berlangsung. Untuk judul penelitian ini adalah Analisis Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas I SDN 2 Purwosari Kendal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis studi dokumentasi bahwa minat baca siswa kelas I SDN 2 Purwosari Kendal tinggi. Hal itu dibuktikan ketika penelitian berlangsung banyak siswa yang tertarik dan memiliki minat untuk membaca buku cerita bergambar, serta siswa senang ketika berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku baik buku fiksi maupun non fiksi. Begitu juga dengan guru sering menggunakan buku cerita bergambar dalam pembelajaran guna meningkatkan minat baca siswa. Namun ada beberapa siswa yang memiliki minat baca yang rendah. Hal itu dikarenakan beberapa siswa tersebut tidak senang membaca buku, mudah bosan membaca buku, tidak adanya minat membaca buku.


Keywords


Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar, Minat Baca Siswa

Full Text:

PDF

References


Adipta Hendra, dkk. 2016. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD”. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337. Diakses pada 15 Februari 2021

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Luthfianisa, Novia Nur. dkk. 2019. “Analisis Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Kelompok A di TK Oasis Kids National Plus School Semarang.” http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/download/436/340. Diakses pada 1 Mei 2021

Satori Djam’an dan Komariah Aan, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Soegeng, 2017. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LULUK Istito'ah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.