ANALISIS NILAI KARAKTER CERITA RAKYAT DALAM BUKU “40 CERITA ASLI INDONESIA” KARYA GILANG PERMADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam buku “40 Cerita Asli Indonesia” karya Gilang Permadi dan mengetahui proporsi nilai karakter yang terkandung dalam buku “40 Cerita Asli Indonesia” karya Gilang Permadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, simak dan catat. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa di dalam buku “40 Cerita Asli Indonesia” karya Gilang Permadi terdapat nilai-nilai karakter, jumlah total nilai karakter tersebut sebanyak 141 dengan referensi 18 nilai karakter versi Kemendiknas.Nilai karakter tersebut antara lain rasa ingin tahu muncul sebanyak 25 kali (17,73%), peduli sosial sebanyak 22 kali (15,6%), jujur muncul sebanyak 20 kali (14,18%), kreatif muncul sebanyak 17 kali (12 ,06%), disiplin muncul sebanyak 14 kali (9,93%), kerja keras muncul sebanyak 14 kali (9,93%), religius muncul sebanyak 9 kali (6,38%), tanggung jawab muncul sebanyak 6 kali (4 ,26%), cinta damai muncul sebanyak 5 kali (3,55%) . Nilai karakter toleransi, demokratis, menghargai prestasi dan bersahabat/komunikatif masing-masing nilai karakter muncul sebanyak 2 kali (1,42%) dan nilai karakter peduli lingkungan sebanyak 1 kali (0,7%). Nilai karakter yang tidak muncul yaitu mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan gemar membaca.42%) dan nilai karakter peduli lingkungan muncul sebanyak 1 kali (0,7%). Nilai karakter yang tidak muncul yaitu mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan gemar membaca. 42%) dan nilai karakter peduli lingkungan muncul sebanyak 1 kali (0,7%). Nilai karakter yang tidak muncul yaitu mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan gemar membaca.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maskur, Panji Chakim., Mudzanatun., dan Wakhyudin, Husni. 2017. “Analisis Nilai Karakter Lagu Anak-Anak Dalam Buku Paket Siswa Kelas III SD”. Prosiding dari Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL FIP 2016. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/fip_2016/fip_2016/paper/view/1595. Diakses 11 Maret 2020.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zhayogya, Ivan., H Endah,Diana., dan Listyarini, Ikha. 2020. “Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa". IVCEJ (Indonesia Values And Charahter Education Journal), 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/24542. Diakses 11 Maret 2020.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 itsnaini luthfi indri llestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.