Pengaruh Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang

Moch Syafiqurrijal Azhad, A.Y. Soegeng Ysh, Ikha Listyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat baca dan kemampuan membaca. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Padaran yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV dengan menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan angket. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial yaitu dengan mengunakan uji signifikansi (uji t). Hasil penelitian uji statistik deskriptif pada variabel minat baca menunjukkan bahwa jumlah terbanyak yaitu 14 siswa (47%) yang berada dalam kategori kurang, dan hasil pada variabel kemampuan membaca menunjukkan bahwa jumlah terbanyak yaitu 12 siswa (40%) yang berada dalam kategori kurang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 10,706. Jadi dapat diketahui bahwa thitung (10,706) > ttabel (2,052), dengan nilai signifikansi 0,00 yang mana 0,00 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang.


Keywords


Minat Baca, Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Central Connecticut State University. 2016. Wolrd’s Most Literate Nations Ranked. Diakses pada 31 Mei 2021. Dari https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kartiko, Aji., Listyarini, I., Sukamto. 2020. Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(3): 525-533.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Subakti, Arwan. 2018. Kebijakan Revolusi Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Peran Perpustakaan. Diakses pada tanggal 31 Mei 2021. Dari https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=180811112335HDfE8tzkWp.

Tarigan, H, G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H, G., Saifullah, A, R., Harnas, K, A. 1990. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moch Syafiqurrijal Azhad, A.Y. Soegeng Ysh, Ikha Listyarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.